Hikmah Siang : 6 Kelemahan Setan

Animated Creepy Devil silhouette from hell in the mist with backlit.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id– Allah menciptakan seluruh makhluk yang ada di dunia dengan adil yaitu memiliki kekuatan dan kelemahan. Mulai dari manusia hingga setan, Allah telah memberikan dan menciptakannya sesuai kodrat.

Selain memiliki tipu daya yang sangat kuat, setan ternyata memiliki kelemahan yang banyak disebutkan dalam hadits-hadits Nabi Muhammad. Apa saja kelemahan setan? Berikut ini adalah enam kelemahan setan yang harus kita ketahui seperti yang dilansir dari kanal Youtube Belajar Islam pada 6 Mei 2021.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1. Tidak Bisa Membuka Pintu dengan Nama Allah
Setan tidak bisa memasuki ruangan yang memiliki pintu dengan lafaz nama-nama Allah SWT seperti yang disebutkan dalam hadits Rasulullah.
“Tutuplah pintu-pintu dan sebutlah nama Allah ketika menutupnya karena setan tidak akan membuka pintu yang sudah terkunci dengan menyebut nama Allah,” (HR. Muslim).

2. Setan Tidak Bisa Menyerupai Rasulullah
Kelemahan setan lainnya adalah tidak bisa menyerupai wajah dan ciri-ciri Rasulullah, sehingga apabila seseorang bermimpi melihat Rasulullah maka benar itu Rasulullah.
“Barang siapa yang bermimpi melihatku, maka ia sungguh telah melihatku karena setan tidak dapat menyerupaiku,” (Hr. Muslim).

3. Orang Sholeh dan Sholehah
Orang sholeh dan sholehah merupakan kelemahan dari setan dan jin yang ingkar kepada Allah.
Disebutkan dalam quran surah Al-Hijr ayat 39-40 bahwa iblis berkata akan menjadikan manusia memandang baik perbuatan maksiat yang ada di bumi, iblis akan menyesatkannya kecuali manusia yang mukhlis.

4. Ketangguhan Iman Umar Bin Khattab
Umar bin Khattab adalah salah satu khulafaur rasyidin yang sangat ditakuti oleh setan dan jin, hingga dikisahkan jika setan berpapasan dengan Umar bin Khattab maka mereka akan memiliki jalan lain.
Hal ini dikarenakan Umar bin Khattab sangat memegang teguh ajaran agama Islam dan menancapkan keimanan yang sangat kuat dalam hatinya.

5. Tidak Bisa Melintasi Lapisan Langit Tertentu
Setan merupakan mahkluk ciptaan Allah yang memiliki pergerakan sangat cepat, namun setan tidak akan bisa menembus lapisan langit yang dapat ditembus malaikat. Apabila setan menembus lapisan langit tertentu maka ia akan hancur, sehingga setan tidak bisa mengetahui apa yang terjadi di langit sehingga bisikannya adalah sebuah kebohongan.

6. Jin Takluk Kepada Nabi Sulaiman
Nabi Sulaiman merupakan Nabi yang memiliki mukjizat dapat menaklukkan jin dan setan sehingga setan dan jin dapat bekerja sesuai dengan perintahnya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *