Prof Salim Said Dapat Pesan Rakyat Dipersulit, tetapi TKA ke Indonesia Gampang

TKA asal China yang tiba di Bandara Haluoleo Kendari pada Selasa (23/6/2020) malam pukul 20.40 Wita. Tahap pertama kedat
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews — Kehadiran tenaga kerja asing (TKA) asal China ketika adanya pelarangan mudik Lebaran oleh pemerintah menyebabkan masyarakat terusik. Apalagi kejadian ini di tengah kekhawatiran munculnya gelombang penularan virus corona di tanah air.

“Orang melihat pembelahan yang makin dalam di kalangan masyarakat,” kata Guru Besar Ilmu Politik Universitas Pertahanan Indonesia Prof Salim Haji Said, di kanal YouTube Forum News Network (FNN) sebagaimana dilansir Fajar, Senin (10/5).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Hal ini karena belum ada penjelasan dan sikap pemerintah mengenai kabar TKA yang berbondong-bondong masuk Indonesia di tengah suara protes masyarakat. Apalagi kedatangan mereka dengan naik pesawat carter seperti dari China dan India.

Salim Said mengaku sering mendapat cerita protes masyarakat mengenai TKA China yang masuk ke Indonesia terutama dihubungkan dengan adanya Covid-19.

“Jadi, ada pesan rakyat kita dipersulit untuk ke mana-mana karena alasannya covid tetapi mereka (TKA) masuk ke Indonesia gampang,” ujarnya. Penjelasan pemerintah dilihatnya kurang meyakinkan masyarakat.

Misalnya saja, apa benar mereka tenaga ahli yang dibutuhkan di perusahaan? Apa tidak ada tenaga lokal yang punya keahlian yang serupa sehingga perlu mendatangkan warga asing di tengah pembatasan corona saat ini?

“Itu menimbulkan keresahan di dalam masyarakat dan saya rasa ini tidak bagus bagi pemerintah,” tegasnya.

Menurut mantan Dubes Indonesia untuk Republik Ceko ini, seharusnya Presiden Jokowi bisa menerangkan melalui juru bicaranya, agar masalah ini tidak berlarut-larut dan menimbulkan rasa curiga masyarakat. “Presiden kan punya banyak juru bicara, sebaiknya itu dijelaskan. Apa sebenarnya terjadi apalagi ketika banyak orang Indonesia yang menganggur,” tuturnya.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *