COVID-19 Tak Terkendali, Singapura Lockdown

Landmark Singapura. (Foto: dok)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Lonjakan kasus COVID-19, membuat pemerintah Singapura memberlakukan ‘lockdown‘ atau pembatasan ketat. Kebijakan ini mulai berlaku pada Minggu (16/5/2021) hingga pertengahan Juni 2021.

Menteri Kesehatan Singapura, Gan Kim Yong, mengatakan COVID-19 di negaranya tidak bisa dihadapi dengan hanya mengandalkan herd immunity atau kekebalan kelompok.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Kami terus mendorong warga Singapura untuk divaksinasi… Namun penting untuk diingat bahwa kami tidak dapat mengandalkan herd immunity,” ucap Gan, dikutip dari The Straits Times, Jumat (14/5/2021).

“Akan ada beberapa orang yang tak bisa divaksinasi, karena kondisi medis. Meski (vaksin Corona) dapat melindungi dari penyakit parah, itu tidak sepenuhnya menghentikan infeksi atau penularan,” tambahnya.

Menurut Gan, vaksinasi COVID-19 bukanlah satu-satunya cara untuk melawan virus Corona. Oleh karena itu, kata Gan, herd immunity tak bisa menjadi jaminan Singapura bisa terbebas dari COVID-19.

“Vaksinasi harus dilihat sebagai salah satu dari banyak alat yang bisa kita gunakan… Tindakan seperti menjaga jarak tetap sangat penting dilakukan dan upaya pelacakan kontak (contact tracing) adalah bagian tak terpisahkan dari rangkaian alat yang kami gunakan untuk melindungi Singapura,” jelasnya.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *