Dongkrak Pertumbuhan hingga 7 Persen, Tito Minta Daerah Percepat Realisasi APBD

Genjot Pertumbuhan hingga 7 Persen, Tito Minta Daerah Percepat Realisasi APBD (FOTO:MNC Media)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta agar daerah terus mempercepat realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Hal ini untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi menjadi 7% pada kuartal II.

“Kita harapkan bisa meningkat, bahkan bisa terdongkrak di atas 7%, ini memerlukan kebersamaan realisasi belanja pemerintah pusat maupun daerah,” katanya dikutip idxchannel dari pers rilis Puspen Kemendagri, Jumat (28/5/2021).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dia mengatakan kondisi perekonomian diharapkan akan mulai pulih pada kuartal II tahun 2021. Hal ini seiring dengan penanganan kasus covid-19 yang sudah bisa ditekan dengan proses vaksinasi dan pembatasan aktivitas.

“Kita harapkan belanja pemerintah pusat atau daerah secara agregat, atau secara akumulatif, total, terutama di kuartal kedua ini dapat dipercepat realisasinya dalam rangka untuk memulihkan ekonomi kita,” ujarnya.

Dia menyebut terdapat empat indikator pengendalian covid-19 yakni angka positivity rate, angka kematian, angka kesembuhan, dan keterisian tempat tidur atau bed occupancy ratio (BOR). Dia meminta empat indikator itu harus dimonitor dengan baik.

Tito juga terus mendorong agar pemerintah daerah mempercepat eksekusi pelaksanaan vaksinasi covid-19 yang menjadi bagian dari program nasional untuk mengendalikan pandemi.

“Kita harapkan (vaksinasi) untuk lansia segera selesai sehingga bisa dilanjutkan (ke) sektor-sektor lainnya, terutama yang rentan untuk penularan, seperti sektor transportasi, pasar ya, kemudian juga hotel, restoran, dan lain-lain,” pungkasnya.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *