Luar Biasa! 600 Pegawai KPK Lulus TWK Dukung Novel Dkk, Jokowi Harus Bertindak

Aksi penolakan terhadap wacana revisi UU KPK terus bermunculan. Kali ini sejumlah pegawai KPK dan aktivis antikorupsi menggelar aksi penolakan di depan Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (6/9). Foto: Maulana Ramadhan/kumparan
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews — Dukungan dari pegawai KPK yang lulus Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) terhadap 75 pegawai tidak lulus terus bertambah. Per pagi ini, Ahad (30/5) pukul 08.30 WIB, sudah ada 600 pegawai yang memberikan dukungan kepada Novel Baswedan dkk itu.

“Pagi ini 600 orang (dukungan),” kata Direktur Sosialisasi dan Kampanye Anti-Korupsi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Giri Suprapdiono, saat dikonfirmasi, sebagaimana dilansir Kumparan, Ahad (30/5).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Angka ini bertambah dari jumlah dukungan pada Sabtu (29/5) malam sebanyak 570 pegawai. Diprediksi jumlah dukungannya akan terus bertambah. Diketahui total pegawai KPK yang lulus TWK mencapai 1.271 orang.

Ratusan pegawai ini meminta pelantikan sebagai ASN ditunda hingga masalah terkait tidak lulusnya 75 pegawai KPK dalam TWK selesai sehingga bisa dilantik bersama-sama.

Menanggapi adanya dukungan yang dilakukan oleh hampir setengah dari jumlah pegawai yang lulus TWK, Presiden Jokowi diminta untuk segera turun tangan menyelesaikan polemik tersebut.

“Kalau sudah lebih 500 presiden yang harus bertindak. Ada hal ihwal genting memaksa yang membuat presiden berdasarkan UUD 1945 berhak mengeluarkan Perppu. Pada titik tertentu dia juga dapat mencopot seluruh pimpinan KPK,” kata Pakar Hukum Tata Negara Universitas Andalas Feri Amsari, saat dihubungi terpisah.

Sebelumnya, pegawai KPK yang dinyatakan tidak lulus TWK berjumlah 75 orang. 51 pegawai di antaranya dinyatakan sudah ‘merah’ dan disebut tidak bisa dibina lagi. Mereka akan dipecat per tanggal 1 November 2021. Sementara 24 lainnya akan dibina untuk kemudian dites ulang apakah bisa menjadi ASN atau tidak.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar