Hikmah Siang : 5 Amalan Ketika Orang Tua Sakit

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Setiap manusia pasti akan merasakan sakit, siapapun kita, tanpa memandang siapapun. Termasuk orang tua kita. Yang tidak selamanya fit selalu, maka dari itu kita sebagai anak harus selalu menjaga dan menghormatinya. Ada beberapa amalan untuk orang tua yang sakit yang perlu kita tahu dari sekarang. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya

Menjaga tutur kata

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dalam bertutur kata, sebaiknya apa yang kita ucapkan, sepatutnya untuk dijaga. Jangan sampai mengatakan berbagai hal yang dapat menyakitkan siapapun, termasuk orang tua. Dan tak lupa untuk menjauhi ucapan-ucapan bernada tinggi. Karena sebagai anak, tidak sepatutnya untuk berkata dengan nada tinggi, selain tidak sopan juga tidak menghormati orang tua kita sendiri.

Membantu berbagai pekerjaan rumah

Sebagai orang tua, memang berkewajiban untuk membahagiakan anak-anaknya. Dan tak lupa juga mereka melakukan berbagai rutinitas sebagai orang tua. Namun, sebagai anak, tentunya selain belajar dan membahagiakan mereka, kita juga bisa membantu mereka dengan membantu pekerjaan rumahnya, seperti mengepel lantai, menyapu halaman, mencuci piring yang kotor dan berbagai hal lainnya. Dengan seperti ini, insha Allah akan membuat mereka merasa bahagia.

Bersikap sopan dan santun

Tidak hanya sekedar ucapan yang lemah lembut saja yang perlu kita jaga. Kita perlu juga menjaga sikap sopan dan santun terhadap orang tua kita. Seperti mengucapkan salam ketika pulang, memberi kabar saat berada di luar, ini dimaksud agar orang tua yang ada di rumah tidak merasa khawatir akan keadaan anaknya. Terlebih pada saat orang tua sakit. Meski mungkin kita merasa lelah menjaga mereka, sebaiknya kita ingat pula bagaimana mereka tetap menjaga kita meski lelah, pada saat kita masih kecil.

Bersikap sabar dan menahan amarah

Surga merupakan salah satu tempat yang diimpikan oleh banyak manusia yang ada di seluruh dunia. Salah satu caranya dengan menahan amarah. Coba kita bayangkan, bagaimana sabarnya orang tua kita dalam mengasuh dan merawat anda sedari dini. Mengajarkan kita berbagai banyak hal, agar kita menjadi anak yang baik dan berbakti kepada orang tuanya. Sudah sepantasnya apabila orang tua kita sedang mengalami sakit, alangkah baiknya kita untuk selalu bersikap sabar kepadanya, seperti saat mereka merawat kita dahulu.

Merawat dan mendoakannya

Hal penting yang lainnya yang bisa kita lakukan ketika orang tua kita sakit adalah dengan merawatnya. dan tak lupa pula untuk mendoakannya saat masih hidup agar selalu sehat dan penyakit yang sedang dia derita diangkat Allah SWT.

Itulah tadi beberapa amalan saat orang tua yang sakit yang perlu kita tahu.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *