Inspiratif! Cerita Dibalik Ambulans Dermawan Indonesia di Palestina

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Jakarta, Hajinews.id – Masih ingat dengan foto viral ambulans berlogo Pemerintah Kota Padang dan logo Aksi Cepat Tanggap (ACT) di Palestina?

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ambulans berlogo Pemkot Padang merupakan buah kedermawanan masyarakat Padang dengan didukung Pemerintah Kota padang dan ASN Kota Padang yang disalurkan melalui aksi cepat tanggap.

Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap Kota Padang, Aan Saputra menjelaskan donasi untuk ambulans digalang pada Januari hingga Mei 2020.

“Ambulan dari para dermawan dan Pemerintah Kota Padang dibeli dan dimodifikasi langsung di Palestina” kata Aan kepada hajinews.id beberapa waktu yang lalu.

Ambulans yang dipakai untuk membantu evakuasi korban di Palestina ini merupakan Hyundai Starex Mover, sejenis mobil MPV serbaguna yang bisa dimodifikasi untuk menjadi ambulans.

Ambulans ini dipakai di hampir seluruh daerah di Gaza Utara untuk memberikan layanan medis. Diantaranya adalah ke Jabalia, Beit Hanoun dan Beit Lahia.

“Ambulans ACT-Pemkot Padang juga ambil serta dalam aksi kemanusiaan dalam memberikan pelayanan kesehatan dan mengantarkan korban menuju rumah sakit di wilayah Gaza,” kata Tim Global Humanity Response Aksi Cepat Tanggap, Said Mukaffiy kepada hajinews.id beberapa waktu yang lalu.

Said melanjutkan di masa-masa sulit seperti yang terjadi di Gaza, ambulans beroperasi tanpa henti memastikan agar tidak ada korban yang tidak mendapatkan layanan kesehatan. Tak cuma mengevakuasi korban, ambulans ACT juga memberikan tumpangan kepada perempuan dan anak-anak tersebut agar bisa sampai di sekolah dasar Al Naseer lebih cepat.

Ambulans Hyundai Starex Mover ini dibekali dengan perlengkapan medis seperti monitor (vital signs), tabung oksigen, pulse oximeter, hingga alat pengukur tekanan darah. Semua alat ini merupakan alat medis yang menunjang pelayanan tim medis.

Sementara, Kepala Cabang ACT Kota Bekasi, Rizky Renanda mengatakan Ambulans Aksi cepat tanggap dikemudikan oleh warga Gaza bernama Jamal Al-Motawak, dengan perawat bernama Hussein Al Sultan dan dokter Ibrahem Ramadhan yang siap bertugas setiap hari.

Berdasarkan catatan ACT kota Bekasi, hingga kini Aksi Cepat Tanggap sudah menghibahkan tiga ambulan yang terdiri dari ambulanas kecil hyndai di tahun 2012, ambulanas kecil hyndai di tahun 2016,ambulanas kecil hyndai di tahun 2018, Oprasional Medis dan Oprasional Ambulans, selain itu juga ada klinik jarussalem dan klinik Gaza. (sitha)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *