Nahdiana Kadisdik Pemprov DKI Jakarta (Paolo Freire Dari Cikopo Jaksel)

Nahdiana Kadisdik Pemprov DKI Jakarta (Paolo Freire Dari Cikopo Jaksel)
Nahdiana Kadisdik Pemprov DKI Jakarta (Paolo Freire Dari Cikopo Jaksel). Foto/dok
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh Geisz Chalifah

Hajinews.idPemProv DKI dan warga Jakarta terutama kaum miskin, beruntung bukan saja memiliki Gubernur yang tahu persis bagaimana gagasan keadilan sosial di implementasikan, tapi juga memiliki seorang kepala dinas pendidikan yang faham dan punya nyali untuk melaksanakannya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Telah lama sekolah – sekolah negeri pavorit di Jakarta hanya menjadi miliknya kaum kelas menengah.

Dengan prasarat ranking dsbnya kaum miskin selamanya tertinggal kalau tidak mau dikatakan terlindas oleh sistim yang tak berfihak.

Imanuel Kant menyatakan: Manusia hanya dapat menjadi manusia karena pendidikan.

Namun dalam pendidikan yang kita kenal bukan saja mengalami ekploitasi sebagaimana dikritisi oleh Ivan Iliich. Ivan Illich menulis secara tajam tentang eksploitasi dalam bidang pendidikan dalam bukunya: Deschooling Society.

Demikian pula Paolo Freire: Pedagogy of Freedom. Paulo Freire mengkritisi dengan menulis beragam buku salah satunya Pendidikan Pembebasan.

Model pendidikan pembebasan Paulo Freire adalah model pendidikan konsientisasi, terhadap masalah dan humanisasi. Humanisasi merupakan model pendidikan yang memandang Pendidik juga menjadi peserta didik dan peserta didik sebagai pendidik dalam proses pembelajaran. Murid tidak dijadkan celengan kosong yang kemudian guru mentransfer ilmu pengetahuan. Paolo Freire berkesimpulan hal yang demikian akan menghilangkan kritisme ada semacam banking education.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta bernama Nahdiana biasa dipanggil Ibu Nana, dia berawal dari seorang guru lalu menjadi kepala sekolah dan kemudian menjadi kepala Dinas Pendidikan.

Nana adalah anak Betawi yang lahir dan besar di Cikopo Jakarta Selatan, alumni SMA 28 Pasar Minggu Jakarta.

Dia bukan saja faham ketidak adilan yang berlangsung selama ini terkait pola penerimaan murid baru, tapi juga faham membuat solusi dan punya nyali untuk menghadapi gempuran kaum kelas menengah yamg selama ini menikmati sistem yang berfihak pada mereka.

Nahdiana melakukan terobosan; bahwa faktor ranking (prestasi) menjadi kriteria tapi juga zonasi dan umur juga layak disertakan. Agar keadilan bagi warga (terutama kaum miskin) bisa memasuki sekolah yang selama ini dianggap pavorit.
Keadilan Sosial harus hadir disemua lini kehidupan terlebih dalam pendidikan yang merupakan amanat UUD.

Menurut ibu Nana semua sekolah negeri di Jakarta biayanya sama alokasi anggaran juga sama, mengapa harus ada perbedaan yang tajam antar sekolah negeri satu sama lain.

Bukan saja mempersempit jarak mutu antar sekolah (semuanya harus sama-sama meningkat). Perempuan bermental petarung ini mengatakan: Pemprov DKI juga membantu anak-anak miskin yang bersekolah di sekolah swasta dengan menanggung beban pembiayaan mereka.

Ibu Nahdiana (Paulo Freire dari Cikopo) bukan saja berteori tentang pendidikan pembebasan, tapi juga melakukan kebijakan agar “penindasan” pada kaum miskin melalui sistem yang tak berfihak bisa segera diakhiri.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *