Keren, 5 Kota Terbersih di Indonesia, Salah Satunya di Jabodetabek!

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, Hajinews.id – Siapa yang tak ingin merasakan kenyamanan dengan tinggal di lingkungan yang bersih dan nyaman? Lingkungan yang bersih dan udara yang masih asri tentu akan membuat siapapun betah tinggal di dalamnya.

Sayangnya, kualitas udara, Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan udara terkotor di dunia.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Meski begitu, beberapa kota di Indonesia diketahui meraih piala Adipura. Penghargaan ini diberikan untuk kota-kota Indonesia karena berhasil mengelola lingkungan hingga menjadi kota terbersih.

Kriteria kota yang berhasil mendapatkan piala Adipura sendiri meliputi dua indikator. Pertama, kondisi fisik lingkungan dalam hal kebersihan dan keteduhan. Sementara, indikator yang kedua adalah pengelolaan lingkungan.

Yul, simak daftar kota yang mendapatkan predikat kota terbersih di Indonesia dan berhasil mendapatkan piala Adipura tahun 2020 lalu.

Surabaya
Dikenal sebagai kota pahlawan, Surabaya juga masuk dalam jajaran kota terbersih di Indonesia. Walikota sebelumnya, Tri Rismaharini diketahui memiliki pengelolaan sampah modern yang lebih cepat dan praktis. Tak heran jika hingga kini Surabaya telah mendapatkan penghargaan seperti 119 Adipura, 10 Sertifikat Adipura, 5 Plakat Adipura, dan 11 penghargaan kinerja pengurangan sampah kepada kabupaten atau kota.

Malang

Malang masuk dalam jajaran kota dengan udara terbersih di Indonesia. Dikenal karena udaranya yang masih asri, Malang juga identik dengan berbagai daerah tinggi yang berisi pegunungan seperti Pacet dan Batu. Tak heran kalau Malang dinobatkan menjadi kota terbersih, tak hanya udara namun juga isi kotanya. Hal itu pula yang membuat wisatawan semakin betah dengan pesona kota Malang yang nyaman dan bersih. Belum lagi dengan banyaknya tanaman hijau yang membuat udara di kota ini jadi semakin sejuk serta lingkungan jadi semakin asri.

Tangerang

Siapa yang sangka salah satu kawasan di Jabodetabek ini masuk dalam kota terbersih di Indonesia? Tangerang juga memiliki julukan kota metropolitan dan pada tahun 2008/2009, dan berhasil menyabet gelar kota metropolitan terbersih di Indonesia. Kota ini membawa pulang piala Adipura sebagai lambang kebersihan kota. Tangerang sendiri memang cukup terkenal dengan tatanan kotanya yang rapi dan masih banyak penghijauannya. Tak heran jika Tangerang dinobatkan sebagai kota dengan hunian ternyaman. Sebab, kota ini diketahui rutin memberantas sampah, bukan hanya di daerah kota, melainkan hingga perkampungannya.

Semarang

Semarang dikenal sebagai kota dengan pariwisata terbersih se-Asia Tenggara yang membuatnya jadi nyaman untuk dikunjungi. Selain itu, Semarang juga dikenal dengan banyaknya tempat wisata menarik bagi para wisatawan. Meskipun masuk dalam kota yang padat penduduk, pemerintah kota Semarang sangat ketat dalam memperbaiki kotanya. Sebelumnya, Semarang juga mendapatkan piala adipura enam kali berturut-turut sejak tahun 2012.bHal itulah yang membuat kota Semarang sebagai kota terbersih akhirnya bias tembus se-Asia Tenggara.

Balikpapan

Balikpapan dikenal sebagai salah satu tempat penampung minyak terbesar di Indonesia. Namun, kota ini juga dikenal karena reputasi lainnya, yakni kebersihannya. Anak-anak berusia dini di Balikpapan diketahui mendapatkan materi PKLH(Pendidikan Kebersihan dan Lingkungan Hidup) untuk mendukung program pemerintahnya. Tak heran, kota kecil yang berada di pesisir Kalimantan Kecil ini merupakan salah satu kota terbersih Indonesia.

Selain kota-kota di atas, masih banyak sekali kota dengan penghargaan Adipura yang bisa anda ketahui.Mulai dari Padang, Banjarmasin, Mojokerto, Ambon dan masih banyak lagi.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *