Suka Kliyengan Tapi Tak Miliki Darah Rendah? Itu Tandanya Anda Alami Dehidrasi

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews — Umumnya bagi anda yang memiliki tekanan darah rendah, mungkin sering mengalami kliyengan. Hal ini biasanya terjadi ketika sudah duduk atau jongkok terlalu lama, kemudian berdiri secara tiba-tiba.

Istilah kliyengan atau yang dikenal dengan bahasa medis lightheadedness, merupakan bagian dari kepala pusing. Lantas, apa yang menyebabkan kepala kita tiba-tiba kliyengan? Yuk, simak ulasannya berikut ini seperti dilansir dari healthline.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Munculnya sensasi tidak menyenangkan di kepala ini ternyata dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Berikut berbagai penyebab yang umumnya sering menyebabkan kepala terasa ringan.

Tapi, kebanyakan adalah karena sistem saraf otonom membantu tubuh untuk mengatur perubahan tekanan darah ketika anda berdiri. Seiring bertambahnya usia, sistem ini akan memburuk sehingga menyebabkan penurunan tekanan darah sementara.

Kondisi ini disebut juga dengan hipotensi ortostatik yang dapat menimbulkan kepala kliyengan. Turunnya tekanan darah sementara ini biasanya bersifat jangka panjang.

Namun, anda tidak perlu khawatir karena beberapa obat dapat mengurangi gejalanya, seperti fludrocortisone atau midodrine. Konsultasikan lebih dahulu pada dokter sebelum anda menggunakan obat ini.

Tapi selain karena tekanan darah yang menurun, hal ini bisa terjadi karena anda tengah dehidrasi. Dehidrasi dapat terjadi ketika suhu udara terlalu panas dan anda kurang minum. Bisa juga terjadi ketika anda demam tinggi dan tubuh terus mengeluarkan keringat.

Tanpa cairan yang mencukupi, volume darah akan menurun. Akibatnya, darah yang mengalir ke otak akan berkurang dan menyebabkan kepala terasa melayang.

Untuk mengatasi kondisi ini, segelas air adalah solusi terbaik. Selain air, cairan tubuh juga bisa didapatkan dari makanan, seperti buah, sayur, dan sup. Jika kepala anda masih kliyengan, mungkin Anda memerlukan infus sampai kondisi anda kembali stabil.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *