Pendaftaran CPNS 2021 di Undur, Ini 4 Faktanya

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, Hajinews.id – Jadwal pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 diundur dari rencana awalnya mulai di buka pada 31 Mei 2021. Lantas, apakah pendaftaran CPNS akan dibuka pada bulan Juni?.

Menanggapi ini, Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat Hukum dan Kerja Sama BKN, Paryono, menyebut tanggal pembukaan pendaftaraan seleksi CPNS dan PPPK tahun 2021 masih belum ditentukan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dalam akun sosmed BKN selalu ramai komentar yang menanyakan seputar pembukaan pendaftaran CPNS dan PPPK non Guru. Ini menandakan sangat banyak yang terus memantau agar tidak ketinggalan informasi mulainya pendaftaran. Adapun fakta-fakta seputar CPNS 2021 yang dikutip dari laman Okezone, Minggu (20/6/2021), yakni:

1. Panitia seleksi terus mematangkan persiapan
Dalam akun Instagram @bkngoidofficial dikabarkan persiapan panitia seleksi. “Siapa nih #SobatBKN yg masih setia nunggu info terbaru rekrutmen #CASN2021? Pas banget Mimin hr ini, Kamis (17/6/2021), berkesempatan menyambangi Tim Panselnas yg tengah melakukan rapat integrasi naskah soal SKB CPNS dan Kompetensi Teknis PPPK Non-Guru bersama bbrp instansi pembina JF di Jakarta,” tulisnya.

Dalam acara tersebut dikabarkan juga dilakukan pemusnahan flashdisk/CD yang berisi naskah soal. “Sebelumnya, naskah soal seleksi CASN tsb telah diintegrasikan ke dalam sistem CAT BKN untuk mencegah kebocoran dan keamanan soal,” lanjutnya.

2. Belum ada kepastian tanggal pendaftaran dimulai
Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas BKN, Paryono mengatakan pihaknya belum mendapatkan kepastian kapan waktu pendaftaran CPNS dan PPPK non Guru akan dibuka.”Belum ada kabar,” ujar Paryono beberapa waktu lalu.

Sebelumnya Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan ada beberapa kendala. Karena dalam surat edaran ada beberapa aturan pengadaan CPNS, PPPK non-Guru, dan PPPK Guru 2021 yang belum ditetapkan oleh pemerintah. “Terdapat beberapa instansi yang masih melakukan usulan serta revisi penetapan formasi CPNS dan PPPK,” kata Bima.
Selain menyinggung soal adanya revisi, Bima juga membahas soal titik lokasi seleksi

3. Link resmi pendaftaran
Bagi calon pelamar, ada baiknya mengetahui link resmi pendaftaran, syarat daftar, hingga berkas pendaftaran CPNS 2021. Anda dapat mendaftarkan diri melalui situs Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN).

Calon peserta CPNS 2021 wajib mempersiapkan beberapa dokumen penting yang digunakan sebagai syarat agar pelamar dapat lolos pada seleksi administrasi. Serta, dokumen-dokumen yang diunggah juga harus mengikuti ketentuan.

4. BKN sudah mempersiapkan demi integritas proses seleksi
Badan Kepegawaian Negara (BKN) siap menggelar seleksi CPNS dan PPPK non Guru. Berbagai persiapan sudah disiapkan demi menjaga integritas instansi.

Plt Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur KemenPANRB Katmoko Ari Sambodo mengatakan bahwa tahapan seleksi calon PPPK akan berbeda dengan CPNS. Dimana pada CPNS tahapannya meliputi seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD), dan seleksi kompetensi bidang (SKB).
“Terkait dengan seleksi PPPK. Hanya ada dua beda dengan CPNS. Kalau di CPNS ada seleksi administrasi, kemudian SKD dan kemudian SKB. Kalau di PPPK ada dua yakni seleksi administrasi dan seleksi kompetensi saja,” katanya. (dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *