BPOM Tegaskan Ivermectin Bukan Obat Covid-19 Melainkan Obat Cacing

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Jakarta, Hajinews.id Obat Ivermectin membuat heboh warganet lantaran disebut bisa sebagai obat terapi untuk pasien Covid-19. Menanggapi hal itu Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito menjelaskan bahwa izin edar Ivermectin disebut bukan untuk obat Covid-19 melainkan untuk obat cacing.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Izin edar sebagai obat cacing, dan ini obatnya adalah obat berbahan kimia ya, tapi bahan kimia yang ada efek sampingnya,” tegas Penny dalam siaran langsung Selasa (22/6/2021).

Penny menambahkan dalam menentukan Invermectin menjadi obat terapi Covid-19 tetap membutuhkan uji klinis ilmiah lebih lanjut untuk akhirnya bisa digunakan sebagai obat Covid-19 di Indonesia.

“Kalau kita mengatakan suatu produk obat Covid-19 harus melalui uji klinis dulu, namun obat ini tentunya dengan resep dokter bisa saja digunakan sebagai salah satu terapi dalam protokol dari pengobatan COVID-19,” tuturnya.

Meski melihat adanya penggunaan Ivermectin untuk penyembuhan Covid-19 sudah marak di beberapa negara, namun Penny menegaskan, tetap membutuhkan kajian ilmiah yang lebih lanjut jika ingin digunakan sebagai terapi Covid-19. Terlebih Ivermectin mengandung bahan kimia keras yang bisa menimbulkan beragam efek samping.

Lebih lanjut, Penny menjelaskan obat Ivermectin bisa saja digunakan untuk pengobatan COVID-19 tetapi dalam pengawasan secara ketat oleh dokter. Hal ini pun bukan bagian dari keputusan dari BPOM melainkan di Kemenkes RI.

“Namun itu tentunya bukan di BPOM terkait hal itu, nanti pemerintah mungkin yang akan berproses dan setiap protokol untuk pengobatan COVID-19 harus dikeluarkan oleh asosiasi profesi yang terkait dan juga dengan Kemenkes RI,” kata dia.

Di akhir, Penny menegaskan kembali bahwa pengobatan COVID-19 menggunakan Ivermectin harus berdasarkan rekomendasi profesi terkait dan melalui uji klinis untuk memastikan keamanan, khasiat, dan mutu dari produk tersebut dalam penggunaannya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *