Covid 19 Masih Menyebar, Muhammadiyah Tidak Rekomendasikan Salat Idul adha di Lapangan dan Masjid

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews,– Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Syamsul Anwar mengatakan Muhammadiyah tak merekomendasikan shalat Iduladha di masjid dan lapangan pada tahun ini.

Menurut Syamsul Anwar, pandemi Covid-19 masih menyebar di dunia. Agar tidak menimbulkan mudharat, Muhammadiyah memintah kaum muslim untuk melaksanakannya di rumah masing-masing.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Fatwanya nanti mirip dengan tahun lalu yaitu tidak merekomendasikan salat ied di lapangan maupun di masjid,” ujar Syamsul Anwar, dikutip dari muhammadiyah.or.id, Jumat 2 Juli 2021.

“Jadi salat di rumah masing-masing. Jadi ini sesuai dengan prinsip kemudahan, tidak menimbulkan mudharat dalam beragama,” tambah dia.

Syamsul Anwar menegaskan bahwa shalat Idul Adha hukumnya sunah muakadah, dan bukan bagian dari salat wajib. Karena itu, tidak ada konsekuensi apapun bagi yang meninggalkannya, terkecuali pahala sunahnya.

“Karena Covid-19 sekarang menunjukkan tanda-tanda peningkatan, Majelis Tarjih akan mengeluarkan fatwa tidak menyarankan di lapangan tapi dikerjakan di rumah masing-masing,” tambah dia. (dbs).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *