Hikmah Pagi: 5 Tipe Orang yang Senantiasa Didoakan Malaikat

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

 

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Hajinews.id – Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah swt yang terbuat dari cahaya dan mempunyai sifat berbeda dari makhluk lainnya. Malaikat gemar beramal saleh dan mendoakan orang yang suka berbuat hal baik.

Oleh karena itu, ada beberapa tipe orang yang senantiasa didoakan malaikat. Untuk mengetahui apa saja tipe-tipe tersebut, berikut pembahasannya.

1. Orang yang duduk menunggu waktu salat

Ketika azan berkumandang, terkadang masih ada beberapa orang yang masih melakukan kegiatannya bukan berhenti terlebih dahulu untuk mendengarkan azan.

Perlu anda tahu orang yang sudah duduk saat azan belum berkumandang punya kesempatan untuk mendapatkan doa dari malaikat.

“Tidaklah seseorang antara kalian duduk menunggu salat, selama Ia berada dalam keadaan suci, melainkan para malaikat akan mendoakannya: Ya Allah, ampunilah Ia, Ya Allah, sayangilah Ia.” (HR. Imam Muslim)

2. Orang yang menyambung saf saat berjamaah

Telat satu atau dua rakaat dari salat masih bisa kamu kejar dengan mengisi beberapa saf kosong. Ini baik dampaknya karena selain mendapat doa, setan pun tak bisa masuk ke sela orang yang sedang beribadah.

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat selalu berselawat kepada orang-orang yang menyambung saf.” (HR. Imam Ahmad)

3. Orang yang tidur dalam keadaan bersuci

Menjelang tidur hendaknya kita mengambil air wudu terlebih dahulu agar keadaan tubuh jadi bersuci. Bukan hanya itu saja, beberapa orang mengaku lebih nyenyak sesudah berwudu.

Tapi, dari semua itu yang paling berkesan adalah mendapat penjagaan dari malaikat selama kita terlelap.

“Barang siapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan terbangun hingga malaikat berdoa. Ya Allah, ampunilah hambamu si Fulan karena tertidur dalam keadaan suci.” (HR. Imam Ibnu Hibban)

4. Orang yang sedang menjenguk orang sakit

Ketika menjenguk orang sakit bukan hanya tali silaturahmi yang tetap terjaga, tapi pahala untuk orang yang menjenguk pun sangat baik.

“Tidaklah seorang mukmin menjenguk saudaranya kecuali Allah akan mengutus 70.000 malaikat untuknya yang akan berselawat kepadanya di waktu siang kapan saja hingga sore dan di waktu malam kapan saja hingga subuh.” (HR. Imam Ahmad dari Ali bin Abi Thalib, Al-Musnad: 754)

5. Orang yang berinfak mendapat doa dari malaikat

Memberikan sebagian rezeki yang kita punya untuk bersedekah merupakan perbuatan yang terpuji. Pasalnya, infak atau sedekah memberikan banyak sekali manfaat.

Contohnya seperti membersihkan harta, menyempurnakan ibadah, menambah rezeki, menolak bala bahkan hingga mendapatkan doa dari malaikat.

” Tidak satu hari pun di mana pagi harinya seorang hamba ada padanya kecuali 2 malaikat turun kepadanya, salah satu diantara keduanya berkata, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak,’ dan lainnya berkata, ‘Ya Allah, hancurkanlah harta orang yang pelit (bakhil)” (HR. Imam Bukhari dan Imam Muslim dari Abu Hurairah, Shahih Bukhari: 1442 dan Shahih Muslim: 1010)

Nah, itulah beberapa orang yang didoakan malaikat dan senantiasa hidupnya jauh lebih mudah. Mulai sekarang cobalah untuk melakukan hal di atas agar bisa mendapatkan doa dari malaikat.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar