Menara Zamzam Makkah Pancarkan Sinar Hijau ke Langit Tandai Masuknya Bulan Haji

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

 

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

 

Hajinews.id – Royal Clock Tower atau bisa disebut Menara Zamzam di Makkah, Arab Saudi, memancarkan sinar hijau ke langit pada Sabtu (10/7/2021) malam, pertanda datangnya Dzulhijjah atau Bulan Haji.

Dzulhijjah merupakan bulan terakhir dalam kalender penanggalan Hijriah, sebelum memasuki Muharam yang berikutnya adalah 1443 H.

Arab Saudi menentukan Minggu (11/7/2021) sebagai hari pertama Dzulhijjah. Oleh karena itu, 19 Juli akan menjadi Hari Arafah atau puncak pelaksanaan haji dan keesokan harinya diperingati sebagai Idul Adha.

Video indahnya pemandangan pancaran sinar ke langit tersebut diuggah ke Twitter Haramain Sharifain. Tampak, bulan sabit yang menjadi toping gedung juga diselimuti dengan warna hijau.

Berada di ketinggian 601 meter, Makkah Royal Clock Tower merupakan menara tertinggi ketiga di dunia, kedua di Timur Tengah setelah Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab, serta pertama di Arab Saudi.

Gedung berdiri di tengah kompleks gedung pencakar langit Abraj Al Bait. Enam gedung mengelilingi menara tersebut dengan ketinggian bervariasi yang diperuntukkan sebagai apartemen dan hotel.

Menara Zamzam dikenal dengan ciri khas empat jam raksasa di setiap sisi. Jam ini memecahkan rekor sebagai yang terbesar dan tertinggi di dunia.

Pada malam hari, jam diterangi oleh 1 juta lampu LED yang mengubah menara menjadi suar hijau dan putih. Di bagian atas jam yang menghadap utara dan selatan terdapat tulisan ‘Allahu Akbar’. Sedangkan di atas bagian jam yang menghadap timur dan barat terdapat potongan ayat Alquran. (dbs(

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *