Ustadz Das’ad Latif: Fungsi Masjid Bisa Dipindah ke Rumah tapi Pasar tidak

Ustadz Das'ad Latif: Fungsi Masjid Bisa Dipindah ke Rumah tapi Pasar tidak
Ustadz Das'ad Latif: Fungsi Masjid Bisa Dipindah ke Rumah tapi Pasar tidak. Foto/dok ist
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kompak mengunggah potongan video ceramah Ustadz Das’ad Latif di akun Instagram masing masing pada Kamis 8 Juli 2021. Lewat video itu, kedua pemimpin daerah ini mengajak masyarakat meresapi ceramah dai itu dan menaati aturan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat agar tidak tertular Covid-19.

Dalam video itu, Ustadz Das’ad menjawab pertanyaan umat tentang penutupan masjid saat penerapan PPKM darurat. Das’ad menjelaskan Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa bahwa umat Islam di zona merah Covid-19, seperti di Jakarta, agar beribadah di rumah saja dan tidak perlu ke masjid.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ustadz Das’ad menilai MUI adalah tempatnya para ulama yang berkompeten. Sebelum mengeluarkan fatwa, mereka telah melakukan kajian dari berbagai sudut pandang. “Tidak semua masjid di Indonesia ditutup. Khusus di Jakarta. Kenapa Jakarta karena terlalu banyak korban covid-19,” katanya dalam potongan video itu.

Ia menjelaskan pula mengapa masjid ditutup tapi pasar dibuka. Menurut Ustadz Das’ad, hal itu dikarenakan fungsi masjid bisa dipindah dan dilakukan di rumah sedangkan kegiatan pasar tidak dapat dialihkan.

“Salat berjemaah boleh di rumah, berdoa boleh di rumah, ngaji boleh di rumah, zikir boleh di rumah, tapi fungsi-fungsi pasar tidak bisa kau gunakan ke rumah,” tuturnya.

Gubernur DKI Anies Baswedan menilai ceramah Ustadz Das’ad ini layak untuk diperhatikan. “Sebuah pesan penting untuk kita renungkan sama-sama. Renungan dari seorang ustadz yang cerdas dan selalu mampu melihat masalah dari sudut pandang yang baru,” katanya.

Sementara Ganjar turut mengajak pengikut media sosialnya untuk menyimak ceramah Ustadz Das’ad Latif.

Sumber: tempo

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *