Oleh Firman Cecak
Hajinews.id – Perhatikan pelanggan berharga yang mencoba menghubungi bagian layanan pelanggan karena ada masalah.
Bagaimana kita bisa tahu apakah mereka berharga? Yah, orang-orang di bagian layanan pelanggan mempunyai catatan tentang siapa yang mengirim pesan atau menelepon, jadi kita mulai dari sana. Pencarian cepat menunjukkan bahwa orang ini sudah menjadi pelanggan selama bertahun-tahun, menyimpan banyak uang di bank Anda, mengunggah twit tentang Anda, tidak pernah mengembalikan barang, bayar tepat waktu, membeli barang margin tinggi Anda, dan sebagainya.
Malah, bila Anda menghitung, Anda akan melihat bahwa ia menghasilkan pemasukan delapan kali lebih besar daripada pelanggan rata-rata, dan tidak seperti massa anonim yang ada biayanya, ia adalah salah satu dari sedikit orang yang menghasilkan pendapatan yang menuai laba.
Tak satu pun dari hal-hal ini akan menjadi sebuah inovasi bila kita berbicara tentang seorang pekerja lepas dengan enam klien. Ketika klien besar menelepon, sang pekerja lepas langsung tahu apa yang perlu ia lakukan.