Hikmah Malam : 3 Dosa Besar yang Langsung Mendapatkan Balasan di Dunia

dosa dan maksiat
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Surga dan neraka adalah tempat yang disediakan oleh Allah sebagai tempat kembali bagi makhluk ciptaanNya.

Ada banyak kenikmatan yang menanti di Surga di mana di bawahnya mengalir sungai-sungai.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sebaliknya, di neraka, Allah juga telah menyiapkan neraka di mana di dalamnya terdapat api serta berbagai hal yang menakutkan bagi umat manusia yang semasa hidupnya hanya memperbanyak dosa dan lalai dari perintahNya.

Pada Yaumul Hisab, segala amal perbuatan manusia akan ditakar dan diberi balasan sesuai dengan amal perbuatan kebaikan sekecil apapun.

Akan tetapi, ada beberapa maksiat yang balasannya akan disegerakan di dunia oleh Allah SWT.

Apa saja dosa atau kemaksiatan yang langsung dibalas di dunia, berikut penjelasannya dirangkum dari kanal Youtube NS BOR CHANNEL dari video tanggal 2 Agustus 2021.

1. Durhaka Kepada Orang Tua

Allah SWT sudah memerintahkan kepada hambaNya untuk menghormati dan menyayangi orang tua.

Karena kita semua tahu kemurkaan Allah juga bergantung pada murkanya orang tua.

Rasulullah SAW pernah bersabda, “Ada dua pintu amalan yang disegerakan balasannya di dunia, yaitu kezaliman dan durhaka kepada orang tua.” (HR. Al – Hakim)

Balasan atas dosa kepada orang tua akan semakin disegerakan manakala orang tua yang kita dzolimi mengadu kepada Allah SWT.

Dan kita semua juga tahu doa yang mustajab tersebut akan menembus langit dan diamini oleh malaikat sehingga Allah pun mengabulkannya.

Rasulullah bersabda, “3 doa yang tidak tertolak yakni, doa orang tua, doa orang yang berpuasa dan doa orang yang terdzolimi.” (HR. Baihaqi)

2. Berzina

Perbuatan yang bisa dirasakan langsung balasannya di dunia adalah berzina.

Berzina adalah dosa besar yang dibenci oleh Allah SWT.

Allah akan melaknat setiap langkah dari pelaku pezina yang dengan sengaja dilakukannya.

Apakah ada zina yang tanpa sengaja dilakukan?

Jawabannya adalah ada contohnya adalah zina mata, namun ada yang lebih parah dari itu yaitu pasangan yang melakukan hubungan badan tanpa terikat pernikahan.

Lalu, apa balasan dari dosa berzina yang dilakukan oleh seseorang?

Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan menutup setiap pintu rezeki bagi mereka yang terus melakukan zina dan tidak segera bertaubat.

Mungkin memang tidak seketika itu Allah SWT menutup pintu rezeki dari seseorang yang berzina, akan tetapi Allah akan memberikan azab yang lebih halus bagi para pelaku zina.

Misalnya; kehancuran rumah tangga, diberikan penyakit yang akan menghabiskan biaya sangat banyak sehingga harta bendanya habis, dihinakan dari masyarakat dan akan terasa sangat sulit untuk mendapatkan rezeki dari Allah SWT.

3. Berlaku Curang Dalam Berdagang

Dalam perniagaan atau jual beli, ada dosa yang langsung dibalas saat masih di dunia yaitu curang dalam timbangan dan kecurangan yang umum dilakukan oleh setiap pedagang adalah mengurangi takaran timbangan.

Perbuatan ini memang bisa mendatangkan untung yang besar, tetapi tanpa disadari Allah akan memberikan balasan secara langsung di dunia.

Balasan yang diterima oleh pedagang yang melakukan kecurangan seperti kesulitan mendapatkan bahan atau barang dagangan, musim paceklik yang berkepanjangan, ketidakbahagiaan hidup dalam keluarganya, semakin berkurang pembeli, didzolimi sesama pedagang, hingga barang dagangan yang tidak laku-laku.

Itulah 3 dosa besar yang akan langsung dibalas di dunia, semoga bermanfaat.***

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *