Tobat Susah dan Susah Tobat

Tobat Susah dan Susah Tobat
Prof.Abd.Rasyid Masri
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh Prof.Abd.Rasyid Masri

Hajinews.id – Sering kita dengar ada orang berkeluh kesah kenapa hidup saya selalu susah dan sengsara terus bahkan sampai keluar kata kata “ Saya mau tobat jadi orang miskin”.
Setiap orang memiliki kesusahan walau kadar susahnya berbeda beda satu dengan yang lain.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sebenarnya yang membuat susah manusia itu adalah dirinya sendiri kalau mau hidup aman, tenang dan tak punya susah atau kesulitan juga pada diri sendiri. Hidup adalah pilihan dan setiap pilihan ada resiko, kesusahan dan kesenangan selalu berganti. artinya hidup ini adalah tantangan dan kalau tak mau memiliki tantangan maka sederhanakan lah target hidup kita walaupun tetap ada resiko.

Kenapa banyak orang merasa susah hidup, merasa selalu kekurangan hidup dan bahkan merasa gagal hidup’ karena mereka tak berhasil menentukan “ orientasi tujuan hidupnya ‘ tak punya impian yang realistis dan target yang terukur untuk dicapai, kedua; apa yang diimpikan kurang mendapat dukungan dari pasangannya atau orang orang terdekatnya, ketiga; kemungkinan target hidupnya tidak realistis dan tak mampu untuk bisa di kejar, hal hal seperti inilah yang membuat dirinya selalu dalam kesusahan.

Solusinya tentu sebaliknya agar sukses maka cerdas lah tetapkan apa tujuan hidup kita yang jelas dan terukur, berpikir cerdas dan bercita cita tapi yang realistis, dan berusahalah setiap usaha yang kita lakukan mendapat dukungan penuh dari orang orang terdekat yang mencintai kita dan kita cintai, sehingga susah senang di bagi bersama .

Lalu bagaimana manusia yang susah tobat, ini sisi lain kehidupan seseorang. Ada manusia mudah bertaubat dan cepat sadar akan kesalahan atau dosa yang di perbuat ‘ manusia seperti ini dicintai Allah sebaik baik manusia yang berbuat salah yang cepat menyadari kesahannya dan cepat mohon ampunan dari Allah SWT.

Tapi ada juga tipikal manusia susah taubat cirinya terlihat sombong dan angkuh maka sifat inilah menjadi penghalan taubat seseorang , kedua; karena hobby bermaksiat tipis tipis maupun masiat besar tapi dia tak mau sadari, hal ini jadi penghalang taubat dan ketiga ; hidup yang tidak berkah selalu dalam darahnya mengalir makan haram dan rajin menerima uang haram yang mungkin bercampur dengan hak orang lain atau milik negara yang diambil tipis tipis.

Waktu hidup manusia tidaklah begitu panjang dan sulit ditebak, maka kalau ada salah dan hidup keliru segeralah bertaubat sebelum semuanya terlambat.demikian semoga bermanfaat.Salam ARM.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *