Hikmah Pagi : 3 Wasiat dari Rasulullah, agar Hidup Selamat Dunia dan Akhirat

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

 

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Hajinews.id – Hubungan Yang Lebih Sulit Dijaga Adalah hablumminannas atau hubungan dengan sesama manusia. Banyak orang yang sangat memperhatikan hablumminallah atau hubungan dengan Tuhan, namun mengabaikan hubungan dengan manusia. Maka perhatikanlah wasiat dari Rasulullah berikut

Wasiat dari Rasulullah tentang hubungan manusia dengan Tuhan dan sesama manusia

Rasulullah bersabda yang artinya, “Bertakwalah kepada Allah di mana pun engkau berada. Iringilah keburukan dengan kebaikan, niscaya kebaikan tersebut akan menghapuskan (keburukan). Dan pergaulilah manusia dengan akhlak yang mulia.” (HR. At-Tirmidzi, dan dia berkata: Hadits Hasan Shahih).

Demikianlah 3 wasiat dari Rasulullah.Yang pertama, kita diharapkan bertaqwa kepada ada Allah dimanapun kita berada. Biasanya saat sendirian, godaan untuk tetap bertakwa, menjadi lebih besar. padahal bertakwa semestinya kita lakukan di mana saja. Karena dimanapun kita berada, Allah bisa melihat kita.

Wasiat yang kedua adalah tentang mengiringi perbuatan buruk dengan perbuatan baik. Insya Allah pahala dari perbuatan baik tersebut dapat menghapus dosa perbuatan buruk.

Jangan sampai karena sudah merasa berbuat dosa, “sekalian saja nyebur jangan tanggung-tanggung”. Karena perbuatan baik dapat menghapus dosa kecil. Untuk menghapus dosa besar, Kita harus melakukan taubat nasuha. Dan taubat adalah amal terpuji yang harus disegerakan melakukannya.

Wasiat yang ketiga adalah agar kita menjadi manusia yang memiliki akhlak terpuji dalam hubungan sesama manusia.

Hubungan sesama manusia ini sama pentingnya dengan hubungan dengan Allah. Namun orang sering melupakannya. Jangan sampai terjadi sedemikian rajin salat, puasa, zakat, salat malam dan melakukan semua ibadah sunah. Namun berlaku dholim kepada orang lain, suka mencela, menggunakan kata-kata yang menyakitkan, karena merasa diri lebih baik, lebih suci, agamanya lebih tinggi.

Jangan sampai orang menyangka, orang muslim memang perilakunya tidak baik sebagaimana yang dicontohkan oleh orang-orang yang mengabaikan hablumminannas.

Itulah sebabnya Rasulullah bersabda, yang artinya :“Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling bagus akhlaknya.” (HR. At-Tirmidzi No. 2612, ia berkata: Hadits Shahih).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *