Taliban Afghanistan: Burqa Tidak Wajib, Hijab yang Wajib di Afghanistan

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Hajinews.id – Kelompok Taliban tidak akan mewajibkan burqa penuh bagi perempuan, seperti yang mereka lakukan saat terakhir memerintah Afghanistan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Seperti dilansir Straits Times, di bawah aturan garis keras militan 1996-2001, sekolah-sekolah perempuan ditutup, perempuan dilarang bepergian dan bekerja, dan wajib mengenakan burqa yang menutupi semua di depan umum.

“Burqa bukanlah satu-satunya hijab (penutup kepala) yang (dapat) digunakan, karena ada berbagai jenis hijab yang tidak terbatas pada burqa,” kata Suhail Shaheen, juru bicara kantor politik kelompok tersebut di Doha, kepada Sky News Inggris.

Burqa atau burka, kadang disebut burkak dalam bahasa Indonesia, adalah satu potong pakaian super longgar yang menutupi seluruh badan dari ujung kepala hingga ujung kaki, dengan persegi dilengkapi jala tembus pandang di wilayah mata agar pemakainya bisa melihat.

Shaheen tidak merinci jenis jilbab lain yang dianggap dapat diterima oleh Taliban.

Di samping keprihatinan yang berpusat pada pakaian, banyak negara dan kelompok hak asasi meningkatkan alarm untuk nasib pendidikan perempuan di Afghanistan yang sekarang kembali berada di tangan kelompok militan garis keras yang sudah menguasai ibukota Kabul pada hari Minggu (15/8/2021).

Shaheen juga berusaha memberikan kepastian tentang pendidikan perempuan di bawah kekuasaan Taliban saat ini.

“Perempuan bisa mendapatkan pendidikan dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi, itu berarti universitas. Kami telah mengumumkan kebijakan ini di konferensi internasional, konferensi Moskow dan di sini di konferensi Doha (tentang Afghanistan),” kata Shaheen.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *