Hikmah Pagi: Lima Cara Ini Bisa Membawa Muslim ke Surga

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews — Islam mengajarkan budaya sopan santun, baik kepada orang tua, guru, teman, maupun kepada sesama muslim. Namun sayang, tidak jarang banyak perilaku Muslim yang berseberangan dengan ajaran Islam.

Rasulullah bersabda: “Tidak ada orang tua yang bisa memberi anak sesuatu yang lebih baik daripada sopan santun,” (HR. At-Tirmidzi).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Berikut ini dilansir dari dari berbagai sumber, lima cara untuk meraih surga Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Jadilah orang jujur

Lakukan kebiasaan baik dengan selalu berucap jujur hanya demi Allah, dan mencari kedekatan dengan-Nya dengan tetap berlaku sopan santun. Semua hal ini telah Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam contohkan, kepada umatnya.

Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam berusaha untuk kesempurnaan dalam segala hal yang beliau lakukan. Ketika seseorang berbicara dengannya, Nabi akan menatap sepenuhnya untuk berbicara. Dan ketika berjabat tangan, Nabi adalah orang terakhir yang melepaskannya. Ketika berbicara dengannya, beliau tidak pernah menjadi orang pertama yang memalingkan muka.

Nabi Muhammad bersabda: “Kejujuran membawa kepada kebenaran, dan kebenaran membawa ke surga. Dan seorang pria terus mengatakan yang sebenarnya sampai dia menjadi orang yang jujur. Kebatilan membawa ke al-fujur (kejahatan, perbuatan jahat) dan al-fujur mengarah ke Api (Neraka), dan seseorang dapat terus berbohong sampai ia ditulis di hadapan Allah, pendusta,” (HR Al-Bukhari)

Menepati janji

Jadilah orang yang selalu menepati janji, tidak terkecuali kepada keluarga sendiri. Hal-hal kecil pun akan diperhitungkan di hadapan Allah.

Dapat dipercaya

Belajarlah dari kisah para Nabi dan praktikkan setiap hari mengembangkan kebiasaan untuk dapat dipercaya. Menerima tanggung jawab dan kemudian memenuhinya. Ketika orang lain mempercayai Anda, jangan mengkhianati kepercayaan mereka.

Jadilah penasihat yang tulus

Sangat mudah memicu pertengkaran antara dua orang dengan bergabung dan mengatakan hal-hal buruk tentang yang lain. Akan tetapi, salah satu tata krama terbaik adalah menasihati orang dengan tulus dan membantu mereka untuk kembali bersama.

Allah berfirman:
“Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu bersaudara. Karena itu berdamailah di antara saudara-saudaramu, dan bertaqwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat. (QS Al-Hujurat ayat 10 )

 

Memberi dengan hati bersih

Suatu hari seorang tunawisma meminta uang untuk makanan. Namun Anda mengabaikannya dan berpikir mereka bukan tunawisma sungguhan, bahwa sebenarnya mereka mampu hanya saja pemalas, serta berpikir mereka tidak akan benar-benar meminta uang untuk membeli makanan. Berhentilah menduga-duga dan hanya melakukan dengan niat karena Allah. Wallahu a’lam Bishawab

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *