UAH: Pegang Teguh Ayat Ini saat Ditimpa Masalah yang Begitu Besar, Akan Lebih Ringan

UAH: Pegang Teguh Ayat Ini saat Ditimpa Masalah yang Begitu Besar, Akan Lebih Ringan
UAH: Pegang Teguh Ayat Ini saat Ditimpa Masalah yang Begitu Besar, Akan Lebih Ringan
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Dalam menghadapi suatu masalah, termasuk masalah-masalah yang sulit, ada ayat-ayat khusus yang harus dipegang teguh oleh seorang hamba.

Hal ini dijelaskan oleh Ustadz Adi Hidayat atau UAH dalam sebuah sesi ceramah berjudul ‘Ayat Pelepur Masalah’ yang diunggah kanal YouTube Gelora Islam pada 2 September 2021.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Kalau sedang punya masalah besar, dan masalah itu ingin cepat dibuang dari benak Anda, tidak membebani pikiran Anda, maka keluarkan rumus ini dalam kehidupan,” ujar Ustadz Adi Hidayat atau UAH.

Rumus tersebut tidak lain adalah ayat-ayat yang terdapat dalam Al Quran surah Al Insyirah.

Ustadz Adi menuturkan Allah bersabda jika seseorang punya masalah, ia harus menanamkan keyakinan seperti digambarkan dalam ayat 5 dan 6 surah ini dalam hatinya, kalau perlu sampai berkali-kali.

“Yakinkan pada jiwa Anda bahwa setiap masalah pasti ada solusinya. Setiap persoalan pasti ada solusinya,” tambah sang ustadz.

Yakinlah pula bahwa setiap masalah pasti akan selesai pada waktunya.

Orang yang punya keyakinan seperti ini menurut Ustadz Adi Hidayat atau UAH justru akan merasa lebih ringan dalam menghadapi masalah yang ada.

“Orang seperti itu lebih ringan. Daripada dibikin status disebarin ke orang. Buat apa?” ujar Ustadz Adi Hidayat menyoroti fenomena yang sering terjadi dalam masyarakat.

Ustadz Adi Hidayat juga menganjurkan seseorang yang punya masalah untuk yakin bahwa Allah tidak akan menguji hamba-Nya kecuali hamba tersebut pasti sanggup menghadapi ujian tersebut.

Selanjutnya, sesuai dengan ayat 6 surah Al Insyirah, seseorang juga harus yakin bahwa masalah yang sedang dihadapi akan selesai.

“Kata Allah, kalau Anda sedang punya masalah seberat apa pun. Kalau masalah itu ingin diringankan oleh Allah, walaupun solusinya belum datang, tanamkan pada hati Anda ini pasti selesai,” tutur Ustadz Adi.

Dengan begitu, masalah pun akan terasa mudah. Ustadz Adi Hidayat mengatakan pula bahwa tidak ada yang sulit bagi Allah.

Menurutnya, orang yang dekat dengan Allah tentu tahu bahwa solusi ada pada-Nya.

“Punya masalah dengan harta, Allah yang Maha Kaya. Masalah dengan ujian, Allah yang Maha Mengetahui. Masalah rumah tangga , Allah yang punya solusi. Semua Allah punya,” tegas Ustadz Adi Hidayat.

Oleh karena itu, saat punya masalah sebaiknya tidak usah terlalu banyak mengeluh pada orang lain.

Sebaliknya, yakinlah bahwa masalah akan selesai dan Allah akan memberi solusi. Jangan lelah pula untuk terus berikhtiar.

Sesuai dengan ayat ketujuh surah Al Insyirah, Ustadz Adi Hidayat mengatakan bahwa setelah satu masalah berlalu, seseorang harus “move on” dan menyiapkan rencana berikutnya.

Sebagai kesimpulan, Ustadz Adi Hidayat mengatakan ada empat hal yang menjadi rumus. Pertama, saat punya persoalan, yakinlah Allah akan menolong.

Kedua, yakinlah bahwa setiap ada persoalan pasti ada solusinya. Ketiga, selalu lapangkan hati dalam menerima cobaan apa pun.

Terakhir, kalau ada masalah maka hadapi dan selesaikan, lalu serahkan hasilnya kepada Allah semata. Setelah itu, siapkan rencana-rencana berikutnya.

Itulah penjelasan Ustadz Adi Hidayat mengenai ayat yang harus dipegang saat ditimpa masalah. Semoga bermanfaat dan bisa memberi motivasi.***

Sumber: jember

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *