Perlu Tahu! 5 Bahan Alami Ini Dipakai Aisyah Istri Rasulullah SAW untuk Merawat Kecantikan

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Jakarta, hajinews.id – Setiap wanita pasti menginginkan kecantikan luar dan dalam. Begitupun dengan Aisyah istri Rasulullah SAW. Ia merawat kecantikan dengan bahan alami.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Aisyah istri Rasulullah SAW digambarkan sebagai sosok wanita yang cantik dengan wajah kemerah-merahan. Pada zamannya, Aisyah pun sangat merawat wajahnya agar sehat dan berseri.

Seperti yang diajarkan dalam Islam kepada setiap wanita bahwa keindahan wanita tidak melulu soal fisik sematan, tetapi juga datang dari dalam hati.

Berbeda jauh dari sekarang, dulu Aisyah merawat diri dengan menggunakan bahan-bahan alami. Itu karena dulu belum ada alat-alat modern untuk perawatan.

Namun, dengan bahan alami yang sering dipakai di dapur, Aisyah bisa mendapatkan wajah yang sehat dan bebas dari jerawat. Selain itu, juga bisa merawat rambutnya agar berkilau.

Berikut 5 bahan alami yang dipakai Aisyah istri Rasulullah SAW untuk merawat kecantikan.

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu bahan alami yang digunakan Aisyah untuk perawatan wajahnya. Hal ini juga sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadits:

“Rasulullah SAW bersabda: ‘Makanlah minyak zaitun dan berminyaklah dengannya. Sesungguhnya ia berasal dari pohon yang diberkahi,”.

Dikutip dari Medical News Today, minyak zaitun kaya akan vitamin E yang baik untuk merawat kulit. Selain itu, juga terdapat kandungan vitamin A, D dan K.

Minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah oksidasi atau radikal bebas yang berbahaya.

2. Madu

Pada zaman Nabi, madu sering dimanfaatkan untuk mengobati kulit meradang. Aisyah istri Rasulullah menggunakan madu dengan cara dicampur jus lemon dan yogurt.

Campuran itu digunakan untuk mencerahkan kulit. Dan di zaman sekarang pun, teknik tersebut masih sering dilakukan oleh para perempuan.

Madu sendiri memiliki sifat antibakteri, sehingga bisa mengobati jerawat dan menghilangkan bekas jerawat. Manfaat madu untuk kesehatan juga dijelaskan dalam hadits:

“Madu adalah penyembuh bagi segala penyakit dan Al-Qur’an adalah penyembuh apa yang ada di dalam dada. Maka bagi kalian, ada dua penyembuhan, yaitu Al-Qur’an dan madu,” (HR. Ibnu Majah, 3452 dari hadits Ibnu Mas’ud)

3. Susu

Istri Rasulullah SAW memanfaatkan susu untuk merawat rambut agar lebih halus. Selain itu, juga dapat membuat rambut berkilau, tebal, dan tidak kering.

Itu karena susu kaya akan nutrisi seperti kalsium, mineral, protein, vitamin dan mineral. Perawatan rambut menggunakan susu juga masih banyak dilakukan.

Cara mengaplikasiannya adalah dengan mencampurkan susu dengan madu. Kemudian campuran tersebut dijadikan sebagai masker rambut.

4. Minyak Dzarirah

Minyak dzarirah adalah minyak yang terbuat dari batang pohon arum. Minyak ini memiliki sifat panas dan kering. Pada zaman Nabi Muhammad SAW, minyak ini sering dipakai sebagai obat jerawat.

Dikisahkan bahwa saat itu istri-istri Rasulullah SAW menemui mereka, lalu Rasulullah melihat ada jerawat di wajah mereka.

“Engkau punya minyakdzarirah? tanya Rasulullah SAW. Mereka menjawab ‘punya’. Rasulullah lalu membalas lagi, ‘bubuhkan dijerawatmu itu seraya membaca doa, ‘Ya Allah yang mengecilkan yang besar dan membesarkan yang kecil,kecilkanlahjerawatku ini.’” (HR Al Hakim).

5. Timun

Timun adalah tips perawatan yang dilakukan Aisyah untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Seperti yang diriwayatkan oleh Aisyah ketika akan dipertemukan oleh Rasulullah SAW.

“Ibuku mengobatiku agar aku kelihatan gemuk, saat dia hendak mempertemukan aku dengan Rasulullah SAW. Usaha itu membuahkan hasil sehingga aku memakan timun dengan kurma basah. Kemudian aku menjadi gemuk dengan bentuk tubuh yang ideal, (HR.Ibnu Majah).

Mengonsumsi timun dicampur kurma basah juga merupakan anjuran Nabi Muhammad SAW. “Dari Aisyah bahwasanyam ‘Rasulullah SAW sering makan mentimun dicampur dengan kurma basah’,” (HR.Tirmidzi).

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *