Inilah 4 Alasan Harus Salat Berjamaah

Inilah 4 Alasan Harus Salat Berjamaah
Inilah 4 Alasan Harus Salat Berjamaah
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Kehidupan Muslim itu berjamaah dalam berbagai hal. Apalagi dalam melaksanakan ibadah salat. Sebab ada banyak keutamaan ketika seorang mau melaksanakan salat berjamaah. Berikut ini 4 alasan mengapa harus salat berjamaah sebagaimana diambil dari kitab at Targib wat Tarhib:

1. Salat berjamaah lebih tinggi derajatnya daripada salat sendiri

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : صَلَا ةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلَاةِ الْفَذِّبِسَبْعٍ وَعِشْرِيْنَ دَرَجَةً.

Rasulullah Saw bersabda: salat jamaah itu lebih utama dari pada salat sendiri, dengan selisih dua tujuh puluh derajat (pahalanya)

2. Besarnya berjamaah Isya dan Subuh

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ صَلَّى الْعِشَاءَفِى جَمَاعَةٍ فَكَاَنَّمَاقَامَ نِصْفَ اللَّيْلِ وَمَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فِى جَمَاعَةٍ فَكَاَنَّمَاصَلَّى اللَّيْلَ كُلَّهُ.

Rasulullah Saw bersabda: barangsiapa salat isya berjamaah maka seperti ia bangun salat tengah malam, dan barangsiapa salat subuh berjamaah maka ia seperti salat semalam suntuk.

3. Setan menguasai kampung yang tidak ada salat berjamaah

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَامِنْ ثَلَاثَةٍ فِى قَرْيَةٍ وَلَا بَدْوٍ وَلَا تُقَامُ فِيْهِمُ الصَّلَاةُ اِلَّا قَدِاسْتَحْوَذَعَلَيْهِمُ الشَّيْطَانُ فَعَلَيْكُمْ بِالْجَمَاعَةِ فَاِنَّمَايَأْكُلُ الذِّئْبُ مِنَ الْغَنَمِ الْقَاصِيَةِ.

Rasulullah Saw bersabda, tidak ada tiga orang atau lebih di dalam suatu kampung atau di suatu pedalaman, (mereka) tidak mendirikan salat berjamaah kecuali benar benar setan sudah menguasai atas penduduk kampung yang tidak jamaah itu. Maka tetaplah kalian melaksanakan salat berjamaah. Karena sesungguhnya bakal menyergap serigala pada kawanan kambing yang terpisah.

Orang yang tidak salat berjamaah itu ibarat kambing yang lepas dari kawanannya. Ia akan mudah menjadi incaran dan sasaran setan dan kaum-kaum musyrik dan munafik sehingga terjerumus dalam kesesatan.

4. Rasulullah sangat kesal kepada orang yang tak berjamaah

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : لَيَنْتَهِيَنَّ رِجَالٌ عَنْ تَرْكِ الْجَمَاعَةِ أَوْلَاُحْرِقَنَّ بُيُوْتَهُمْ.

Rasulullah Saw bersabda: Sampai benar-benar orang-orang lelaki berhenti meninggalkan jamaah, aku bakar rumah-rumah mereka.

Sumber: ihram

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar