dr. Saddam Ismail: Inilah Buah yang Disarankan dan Tidak Boleh Dikonsumsi untuk Penderita Asam Lambung

Buah yang Disarankan dan Tidak Boleh Dikonsumsi
Buah yang Disarankan dan Tidak Boleh Dikonsumsi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Penyakit asam lambung disebabkan karena naiknya asam lambung yang berlebihan.

Penyakit ini ketika kambuh ditandai dengan berbagai keluhan seperti nyeri perut, mual, perut kembung, muntah, dan rasa panas seperti terbakar di dada.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Penyakit asam lambung yang kronis dapat menyebabkan peradangan kronis dan komplikasi serius.

Asam lambung naik diakibatkan oleh beberapa hal termasuk makanan dan stres yang berkepanjangan. Sehingga penting untuk mengetahui makanan yang disarankan dan yang tidak boleh dimakan karena memicu kambuhnya asam lambung.

Dikutip dari kanal YouTube Saddam Ismail pada 22 Februari 2021, Berikut buah yang disarankan untuk penderita asam lambung menurut dr. Saddam Ismail.

1. Pepaya

Pepaya termasuk buah yang baik untuk penderita asam lambung karena mengandung enzim papain.

“Enzim ini sangat bagus sekali karena berasal dari getah buah pepaya, enzim ini berfungsi membantu proses pencernaan dan membantu menguraikan makanan menjadi lebih mudah,” katanya.

Buah pepaya memiliki tekstur yang lembut dan juga banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

“Jika asam lambungnya sedang kambuh boleh memakan buah pepaya, atau sedang tidak kumat dan sekedar ingin makan buah pepaya untuk mendapatkan manfaat sehatnya juga boleh,” katanya.

Jika mengalami asam lambung dan perut merasa tidak nyaman, dengan mengkonsumsi pepaya dapat membantu proses pemulihan gangguan lambung.

2. Apel

Buah apel sangat bagus untuk penderita asam lambung atau maag karena tinggi kandungan serat.

Selain itu buah apel mengandung kalsium, kalium, dan magnesium, ketiga kandungan ini dapat membantu proses penyembuhan lambung.

Sebaiknya memilih buah apel yang sudah matang dan warnanya merah, jangan memilih apel hijau karena rasanya asam nantinya malah memicu asam lambung kambuh.

3. Pisang

Pisang bagus untuk penderita asam lambung atau maag karena dapat membantu menetralkan asam lambung.

Buah pisang memiliki kandungan kalium, serat yang tinggi sehingga bagus untuk penderita maag supaya cepat pulih.

Sebaiknya memilih buah pisang yang sudah matang dan memiliki rasa manis.

4. Melon

Buah melon memiliki kandungan tinggi magnesium. Kandungan ini bagus untuk penderita maag atau asam lambung karena membantu proses pemulihan lambung ketika sedang kambuh.

5. Kelapa

Yang dimaksud kepala adalah air kelapanya. Hal ini karena airnya dapat menenangkan sistem pencernaan dan menghambat peradangan pada lambung.

“Sebaiknya mengkonsumsi air kelapa murni tanpa tambahan apapun supaya manfaat yang didapatkan lebih maksimal,” kata dr. Saddam.

Sedangkan buah yang tidak boleh dikonsumsi untuk penderita asam lambung menurut dr. Saddam Ismail sebagai berikut.

1. Buah-buahan Golongan Jeruk

Buah jeruk memang tidak disarankan untuk penderita maag baik itu jeruk bali, jeruk nipis, lemon, dan golongan jeruk lainnya.

Buah ini memang mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, akan tetapi sebaiknya dihindari karena rasanya kecut atau asam yang dapat meningkatkan risiko kambuh yang bisa mengiritasi lambung.

2. Tomat

Tomat bisa jadi penyebab asam lambung naik atau maag kambuh karena sifatnya asam sehingga harus dibatasi.

3. Alpukat

“Meskipun banyak manfaatnya tetapi buah alpukat tidak bersahabat dengan penderita maag atau asam lambung,” kata dr. Saddam.

Hal ini karena alpukat mengandung lemak, meskipun lemak sehat tetapi tidak baik karena bisa merelaksasi otot-otot lambung sehingga bisa memicu naiknya asam lambung atau sakit maag. [ jember ]

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *