3 Doa Khusus dalam Al-Qur’an Bagi Para Pebisnis

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Hajinews.id –  Bisnis menjadi salah satu pilihan bagi seseorang untuk menjalankan aktivitas pekerjaannya. Bisnis, dipandang sebagai satu pekerjaan yang bisa dengan cepat meraup keuntungan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Rasulullah sendiri dikenal sebagai seorang pedagang. Beliau semasa hidupnya pernah menjadi pedagang yang memperjuangkan barang dagangan milik Siti Khadijah. Nabi dikenal sukses dalam usaha bisnisnya.

Di antara doa-doa yang bisa dibaca bagi para pebisnis adalah sebagai berikut: Pertama, dalam surat Al-Maidah ayat 114, Allah SWT berfirman:

قَالَ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ اللهم رَبَّنَآ اَنْزِلْ عَلَيْنَا مَاۤىِٕدَةً مِّنَ السَّمَاۤءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِّاَوَّلِنَا وَاٰخِرِنَا وَاٰيَةً مِّنْكَ وَارْزُقْنَا وَاَنْتَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

Artinya: “Isa putra Maryam berdoa, ‘Ya Tuhan kami, turunkan lah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang sekarang bersama kami maupun yang datang setelah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; berilah kami rezeki, dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki.”

Ayat lain yang bisa menjadi doa bagi para pebisnis adalah surah Shad ayat 35 yang berbunyi:

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكًا لَا يَنْبَغِي لِأَحَدٍ مِنْ بَعْدِي ۖ إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Artinya: “Ia berkata: ‘Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan (rezeki) yang tidak dimiliki oleh seorang jua pun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi’.”

Dan terakhir yaitu surat At-Thalaq ayat 3. Allah SWT berfirman:

يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Artinya: “dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.”

Selain doa-doa dalam Al-Qur’an di atas, agar rezeki hasil bisnis Anda berkah dan halal, Anda perlu juga mengamalkan doa-doanya, sebagai berikut:

Doa Supaya Diberi Rezeki yang Halal

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ أَنْ تَرْزُقَنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَ مَشَقَّةٍ وَلاَ ضَيْرٍ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Alloohumma innii as-aluka an tarzuqonii rizqon halaalan waasi’an thoyyiban min ghoiri ta’abin wa laa masyaqqotin wa laa dhoirin innaka ‘alaa kulli syai-in qodiir.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, luas dan tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesunggunya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.”

Doa Supaya Diberi Rezeki Berkah

اَللّٰهًمَّ اَصْلِحْ لِيْ دِيْنِيْ وَوَسِّعْ لِيْ فِيْ دَارِيْ وَبَارِكْ لِيْ فِيْ رِزْقِيْ

Alloohumma ashlihli lii diinii wa wassi’lii daarii wa baarik lii fii rizqii.

Artinya:” Ya Allah perbaikilah agamaku (yang menjadi pokok urusanku) lapangkanlah tempat tinggalku, dan berikanlah keberkahan pada rezekiku.”

Selain mengamalkan doa-doa mustajab ini, Anda juga perlu berusaha dengan giat dan penuh dengan keuletan. Dalam berbisnis, tidak boleh ada rasa malas ataupun enggan mau mengorbankan waktu dan kesempatan. Dengan usaha dan doa, bisnis Anda akan cepat sukses secara pesat. Amin.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *