Bagi Penderita Kolesterol Kini Tak Harus Minum Obat Kolesterol Tiap Hari, Cukup Setahun 2 Kali Suntikan

Obat Kolesterol
Bagi Penderita Kolesterol Kini Tak Harus Minum Obat Kolesterol Tiap Hari, Cukup Setahun 2 Kali Suntikan
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Terdapat kabar baik bagi mereka yang menderita kolesterol tinggi.

Badan kesehatan Inggris, NHS, dalam beberapa waktu terkahir tengah mengembangkan anti-kolesterol baru yang dinilai lebih hemat dibanding obat kolesterol yang sudah ada.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Diketahui penderita kolesterol tinggi umumnya diharuskan mengonsumsi obat jenis statin setiap hari.

Tapi dengan Inclisiran, menurut laman BBC (13/1/2020), penderita kolesterol tinggi cukup menerima 2 kali suntikan dalam setahun.

Inclisiran disebut dapat membungkam gen PCSK9 yang membuat hati menyerap lebih banyak kolesterol jahat (LDL) dari darah dan kemudian memecahnya.

Dalam Uji coba yang dipresentasikan di European Society of Cardiology pada beberapa tahun lalu, menunjukkan bahwa inclisiran dapat memangkas kadar kolesterol jahat dalam waktu setengah minggu.

Prof. Kausik Ray dari Imperial College London yang memimpin uji tersebut mengatakan uji coba memberi potensi ‘luar biasa’.

Bahkan Sekretaris Kesehatan Inggris, Matt Hancock, seperti dilansir dari BBC, mengatakan jika diterapkan, program tersebut dapat menyelamatkan 30.000 nyawa dalam satu dekade di Inggris dan Wales.

Para peneliti juga mengatakan bahwa suntikan inclisiran ini dapat dilakukan sendiri, atau bersama statin.

Sementara itu dilansir dari theweek.co.uk (1/9/2021), National Institute for Health and Care Excellence (NICE) telah menyusun rekomendasi agar obat tersebut diberikan kepada ratusan ribu orang dengan kolesterol tinggi atau dislipidemia campuran,yakni kadar lemak yang sangat tinggi dalam darah mereka – yang telah menderita serangan jantung atau pukulan.

Di bawah “kesepakatan kesehatan penduduk” antara Novartis dan NHS, hampir setengah juta orang akhirnya dapat memperoleh manfaat dari perawatan tersebut.

“Inclisiran mewakili potensi pengubah permainan dalam mencegah ribuan orang meninggal sebelum waktunya akibat serangan jantung dan stroke,” kata Meindert Boysen, wakil kepala eksekutif NICE dan direktur Pusat Evaluasi Teknologi Kesehatan.

“Oleh karena itu, kami senang dapat merekomendasikannya sebagai opsi hemat biaya di NHS.”

Dan para profesional kesehatan berharap bahwa di masa depan, obat itu akan ditawarkan kepada ”lebih banyak lagi pasien dengan masalah jantung”, lapor The Guardian.

“Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan manfaat sepenuhnya, tetapi saya mengantisipasi bahwa di masa depan itu juga akan disetujui untuk menurunkan kolesterol untuk kelompok orang yang lebih luas untuk mencegah mereka dari serangan jantung atau stroke di tempat pertama. ,” Profesor Sir Nilesh Samani, direktur medis dari British Heart Foundation, mengatakan kepada surat kabar tersebut. [grid]

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar