Said Aqil Siradj Ingin Jadi Ketum PBNU Lagi? Putri Gus Dur Ini Komentari Ilmu Agamanya

Said Aqil Siradj Ingin Jadi Ketum PBNU
Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj saat Pleno Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) NU, Sabtu (25/9/2021). (ANTARA/HO-PBNU)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id Yenny Wahid mengomentari isu soal Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj yang disebut-sebut bakal maju lagi sebagai calon Ketum PBNU pada Muktamar NU 23-25 Desember 2021.

Said Aqil Siradj sudah menjabat sebagai Ketum PBNU selama 2 periode. PBNU sampai saat ini masih membatasi jabatan ketua umum maksimum 2 periode.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Meski begitu, Yenny Wahid mengatakan, bukan tidak mungkin aturan tersebut akan berubah pada Muktamar NU mendatang.

Putri dari Presiden keempat Indonesia Abdurrahman Wahid alias Gus Dur ini menyamakannya seperti kasus penambahan masa jabatan Presiden yang dapat terjadi jika Undang-Undang Dasar 1945 yang mengatur soal itu diamandemen.

“Sama seperti Undang-Undang. Kalau misalnya mau dicalonkan lagi Pak Jokowi untuk 3 periode, kalau Undang-Undang diubah, bisa gak? Bisa saja. Sama juga (dengan) NU,” ucap Yenny Wahid dalam acara talk show yang diunggah kanal Youtube Karni Ilyas Club pada 27 Oktober 2021.

“Jadi, kalau dalam hal ini, secara aturan bergantung muktamar nanti,” katanya menambahkan.

Secara pribadi, Yenny Wahid menilai sosok Said Aqil Siradj sebagai orang alim dengan ilmu agama yang tinggi.

“Orang yang sangat alim. Dari sisi keilmuan, salah satu ulama yang tidak tertandingin keilmuannya. Beliau punya keistimewaan luar biasa dalam menguasai penguasaan dalil, ilmu agama, ilmu hadis, terutama ilmu sejarah Islam,” ucap Yenny Wahid.

Yenny Wahid menuturkan, siapa pun yang terpilih sebagai ketua umum nanti, Said Aqil Siradj pasti akan selalu dapat tempat dalam struktur NU.

“Selalu akan ada tempat buat beliau. Siapa pun yang terpilih biasanya nanti masuk struktur juga,” kata Yenny Wahid.

Sejauh ini, nama lain yang acap disebut sebagai kandidat kuat ketua umum NU selanjutnya adalah Gus Yahya Staquf.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *