Hikmah Malam : 3 Nasehat Malaikat Jibril Agar Selamat Dunia dan Akhirat

nama malaikat beserta tugasnya
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Suatu hari Malaikat Jibril datang kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam dan kemudian berbicara kepadanya sebagai hamba Allah subhanahuwata’ala lalu.

Jibril memberikan tiga nasehat kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dan menjadi nasehat juga bagi umatnya yang hidup hingga saat ini.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Nasihat itu merupakan rambu-rambu yang digunakan dalam menjalankan kehidupan di dunia ini agar tidak keluar dari jalan-jalan kebaikan yang diberikan Allah lewat Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Lalu apakah nasehat Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam?

Malaikat Jibril memberikan tiga nasehat kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dan juga untuk umatnya agar menjadi rambu-rambu dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Nasehat Malaikat Jibril itu tertuang dalam sebuah hadits dari Sahl bin Saad ia berkata Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“Jibril mendatangi kulalui berkata, ‘Wahai Muhammad hiduplah sesukamu karena sesungguhnya kamu akan mati, cintailah apa yang kamu suka karena sesungguhnya engkau akan berpisah dengannya dan berbuatlah sesukamu karena, sesungguhnya engkau akan diberi balasan karenanya’ (Hadis riwayat At thobary)”

Dari nasehat diatas dapat kita ketahui kematian merupakan hal yang pasti dan tidak mungkin makhluk dapat terhindar darinya. Namun sayangnya hanya sedikit manusia yang mau bersiap menghadapinya.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman, “dimana saja kamu berada kematian akan mendapatkan kamu kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh.” (Alquran surat an-nisa ayat 78). Jalan hidup merupakan suatu pilihan menjadi buruk atau baik itu adalah pilihan.

Yang jadi pendosa atau bertakwa itu juga pilihan, menjadi hina atau mulia itu juga merupakan suatu pilihan. Apapun dan bagaimanapun jalan hidup yang kau pilih, ingatlah satu hal engkau akan mati dan tentunya mati bukanlah akhir. Mati adalah awal-awal dimana kita menjalani dunia baru yang tentu sangat berbeda dari kehidupan dunia saat ini.

Nasihat kedua, “cintailah siapa yang kamu suka karena sesungguhnya engkau akan berpisah dengannya. “Manusia ditakdirkan sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup dengan sendiri. Manusia diberikan hati untuk saling berkasih sayang baik kepada sesama manusia maupun kepada makhluk lainnya.

Namun sebesar apapun cintamu pada makhluk, ingatlah kamu akan tetap berpisah. Hanya satu cinta yang abadi yakni cinta kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman: “Katakanlah Jika kamu benar-benar mencintai Allah Ikutilah aku niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu Allah maha pengampun lagi maha penyayang.” (Alquran surat Ali Imron ayat 31)

Nasihat ketiga, Setiap kebaikan ataupun keburukan amal kita semua akan dipertanggungjawabkan. Allah akan membalasnya baik secara langsung ataupun tidak langsung oleh karenanya perlu diingat bahwasanya tidak ada perbuatan yang sia-sia di muka bumi ini.

Semua akan ada perhitungan atas apa yang kita lakukan, Allah subhanahu wa ta’ala berfirman: “barangsiapa yang mengerjakan kebaikan sebesar Zarah pun niscaya dia akan melihat balasannya dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar Zarah pun niscaya dia akan melihat balasannya pula Alquran.” (Surat az-zalzalah ayat 7-8)

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *