Ikatan Persaudaraan Haji Jawa Timur Selenggarakan Rapat Kerja Wilayah, Ini Kesimpulannya

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Surabaya, Hajinews.id — Ikatan Persaudaraan Haji Jawa Timur telah melaksanakan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) IPHI Jawa Timur yang dihadiri oleh Pengurus Wilayah (PW) dan Pengurus Daerah (PD) IPHI Kabupaten Kota se-Jawa Timur, di Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Jalan Pahlawan no.110, Surabaya, Sabtu, 6 November 2021.

Adapun Kesimpulan Rakerwil IPHI Jatim 2021 yang redaksi kutip sebagai berikut:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1. Terkait Muktamar VII IPHI

Mendukung penuh hasil Muktamar VII Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) yang telah diselenggarakan di Hotel Wyndham Surabaya pada tanggal 20-21 Agustus 2021, oleh Pengurus Pusat IPHI yang sah sesuai Keputusan Menkumham Nomor AHU-0000911.AH.01.08.TAHUN 2021 tentang Persetujuan Perubahan Perkumpulan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia tertanggal 22 Juni 2021.

Mengakui bahwa Muktamar VII IPHI di Surabaya telah memperoleh dukungan tertulis yang sah dari mayoritas pengurus wilayah IPHI se-Indonesia sebagaimana telah kembali ditayangkan dokumen-dokumen tersebut di layar paparan dalam Rakerwil IPHI Jatim 2021.

Menolak segala bentuk kegiatan dan aksi yang tidak sah termasuk penyelenggaraan Musyarah Wilayah yang tidak sah di Pondok Pesantren Riyadlul Jannah (PP RIJAN) Pacet Mojokerto oleh pihak-pihak yang tidak memiliki keabsahan dan kewenangan.

 

2. Terkait Kepengurusan Pengurus Wilayah (PW) IPHI Jawa Timur

Menyatakan soliditas untuk hanya mengakui PW IPHI Jawa Timur sesuai Musyawarah Wilayah IPHI ke-VII Jawa Timur yang diselenggarakan di Mojokerto pada tanggal 14 Desember 2019, yang menyepakati secara aklamasi terpilihnya Dr. H. Emil Elestianto Dardak, MSc sebagai ketua IPHI Jawa Timur.

Menyatakan soliditas untuk hanya mengakui kepengurusan PW IPHI Jawa Timur yang telah dilantik di Islamic Center, Surabaya, pada tanggal 28 Desember 2020 oleh Ketua Umum PP IPHI, H. Ismet Hasan Putro.

Menolak segala bentuk kegiatan yang mengatasnamakan PW IPHI Jawa Timur selain dari kepengurusan yang sah sebagaimana tersebut diatas, dan sepakat untuk secara bahu membahu mencegah kegiatan-kegiatan tersebut.

 

3. Terkait Program Kerja 2022

Mendukung rencana pembuatan kartu keanggotaan IPHI yang disinergikan dengan kartu perbankan dari Bank Jatim, dengan harapan dapat memperluas akses ke program-program keumatan yang tersedia di Bank Jatim Syariah selaku bank yang mewakili masyarakat Jawa Timur.

Mendukung arahan ibu Gubernur Jawa Timur, Hj. Khofifah Indar Parawansa, untuk meningkatkan peran aktif IPHI mendukung upaya pemerintah membuka kembali kegiatan haji dan umroh, dan mendukung upaya untuk percepatan vaksinasi serta segala bentuk upaya mitigasi penyebaran Covid19 semisal terkait kebutuhan karantina bagi para pelaku perjalanan.

Pembinaan calon jamaah haji melalui manasik mandiri.

Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengadaan swalayan.

Pembinaan kesehatan bagi calon haji secara intensif.

Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Kerjasama dengan stakeholder.

Melakukan inventarisasi dan perencanaan optimalisasi aset aset yang terkait dengan IPHI.

Mengusulkan kepada pengurus wilayah IPHI Jatim untuk sesegera mungkin melaksanakan silaturahmi dengan instansi terkait diantaranya Kanwil Kemenag Jatim dengan melibatkan beberapa perwakilan pengurus daerah IPHI di Jatim.

Kesimpulan Rakerwil IPHI Jatim Tahun 2021 pun telah disepakati oleh peserta dan menandatangi lampiran dari berita acara.(ingeu)

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *