Pupus Sudah, Sirkuit Mandalika Tak Jadi Tempat Balapan Internasional, Kenapa?

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Baru saja Sirkuit Mandalika diresmikan oleh Presiden Jokowi untuk bakal calon balapan berskala Internasional ternyata harapan itu pupus, pasalnya Sirkuit Mandalika tak memenuhi syarat minimal marshal yang bertugas di setiap pos sebagai bentuk upaya pengamanan.

Sebelumnya, ajang balapan Asia Talent Cup 2021 di Sirkuit Mandalika, yang dijadwalkan berlangsung Minggu, 14 November, terpaksa diundur pekan depan dan akan digelar bersamaan dengan WSBK Mandalika.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Jika sesuai jadwal sirkuit internasional teranyar yang berlokasi di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) ini menggelar sebuah event balap internasional pada hari tersebut.

Tetapi, balapan yang seharusnya menjadi ajang perdana di Sirkuit Mandalika ini terpaksa dibatalkan.

Alasan pembatalannya pun dilakukan karena panitia sirkuit dianggap tak layak untuk menggelar balapan internasional. Apa yang sebenarnya terjadi?
Sesi kualifikasi sendiri sudah berlangsung pada Sabtu 13 November 2021. Tetapi, dua balapan yang seharusnya diadakan pada hari Minggu tak bisa diselenggarakan sesuai rencana.

Seharusnya, balapan pertama IATC Mandalika 2021 berlangsung pada pukul 11:00 WIB. Sedangkan balapan kedua dijadwalkan mulai berjalan pada pukul 15:00 WIB.

Sayang, balapan pertama kemudian harus dibatalkan. Hal itu menyusul minimnya marshal atau petugas lintasan yang tersedia. Awalnya balapan kedua sempat diharapkan dapat diadakan, namun masalah serupa juga menghadang.
Kabar pembatalan dari balap IATC ini sudah disampaikan oleh Gubernur NTB, Zulkieflimansyah.

Awalnya, pria yang akrab disapa ‘Bang Zul’ ini merasa optimis dengan akan digelarnya balapan IATC di Sirkuit Mandalika.

“Hari ini banyak yang antusias ingin menyaksikan race IATC tapi nggak jadi karena marshal (lintasan) kita belum dirasakan siap untuk memenuhi standar safety dari Dorna.”

“Ada yang terlambat menjawab panggilan, ada terlambat angkat bendera, dll,” tuturnya menjelaskan.

Ini bisa jadi catatan yang buruk bagi Sirkuit Mandalika jelang debut balap kelas bergengsi.

Minggu depan, pada Minggu, 24 Oktober 2021, balapan penutup dari ajang World Superbike (WSBK) akan digelar di Sirkuit sepanjang 4,31 kilometer ini.

Balapan tersebut akan menjadi pertarungan perebutan juara dunia dari pembalap Yamaha, Toprak Razgatlıoğlu dan rider Kawasaki Jonathan Rea.
Sebab inilah, Marshal dari Sirkuit Mandalika harus segera berbenah sebelum balapan digelar pada pekan depan.

“Menjadi marshal balapan kelihatan sepele dan sederhana. Tapi kalau salah bisa fatal akibatnya. Masih ada waktu seminggu lagi untuk memperbaiki yang kurang-kurang. Setiap langkah awal pasti ada kesalahan-kesalahan. Karena kadang dengan kesalahan kita dipaksa untuk belajar,” papar Zulkieflimansyah.(Dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *