Hikmah Malam : 5 Hal yang Dipertanggungjawabkan di Hadapan Allah di Akhirat

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Hajinews.id – Allah SWT menciptakan jin dan manusia dengan tujuan utamanya adalah untuk mengabdi, beribadah, dan menyembah hanya kepada-Nya. Setiap tindakan manusia nanti tagih di akhirat. Apa saja hal yang dipertanggungjawabkan di hadapan Allah di akhirat kelak?

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Setidaknya ada 5 hal yang dipertanggungjawabkan di hadapan Allah di akhirat menurut penjelasan Ustadz Abdul Somad (UAS). Hal itu disampaikan UAS dalam sebuah video di kanal YouTube Love Islam yang diunggah pada 30 Oktober 2021.

Setiap detik perbuatan manusia selama hidupnya di dunia akan menentukan kehidupan di akhirat nanti. Apakah mereka pantas untuk ditempatkan di surga atau neraka.

Allah berfirman “Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui”, (QS. Al-‘Ankabut: 64).

Oleh karena itu, di dunia yang sementara ini, sebagai makhluk yang beriman kita harus mempersiapkan bekal untuk kehidupan yang kekal di akhirat. Bekal yang kita persiapkan yaitu berupa amal dan ibadah kita selama kita hidup di dunia. Lantas, hal yang dipertanggungjawabkan di hadapan Allah di akhirat?
Rasulullah SAW bersabda, perhatikan 5 sebelum datang 5, yaitu:

Masa muda sebelum datang masa tua.

Masa sehat sebelum datang sakit.

Masa kaya sebelum datang masa miskin.

Masa luang sebelum datang masa sibuk.

Masa hidup sebelum datang mati.

Masa muda adalah saat yang sangat produktif karena energi seseorang melimpah ruah, dan potensinya untuk melakukan sesuatu yang sangat besar akan terjadi. Selagi masa muda harus banyak dimanfaatkan untuk kegiatan yang bermanfaat, melakukan kebaikan dan beramal sholih. Karena ketika datang masa tua, segala aktivitas kita akan terbatas dengan fisik yang mulai lemah.

Nikmat sehat merupakan salah satu nikmat yang sangat besar yang Allah berikan kepada kita. Jadi, jagalah masa sehat untuk beramal kebaikan sebelum datang sakitmu.

Ketiga, jagalah waktu luangmu sebelum datang waktu sempitmu. Waktu luang sangat berharga, maka selagi kita punya waktu luang, semaksimal mungkin manfaatkan waktu luang tersebut untuk aktifitas yang bermanfaat. Perbanyak amalan ibadah, amalan kebaikan seperti menolong orang lain yang membutuhkan, atau melakukan hal-hal yang sekiranya bermanfaat.

Ketika Allah SWT memberikan nikmat lebih berupa harta yang melimpah, maka ingatlah di situ pada hakikatnya ada harta orang lain. Oleh karena itu sebagai tanda rasa syukur kita, sebaiknya kita berbagi kepada sesama terutama yang membutuhkan, karena rezeki setiap orang itu berbeda-beda.
Selagi rezeki lapang, sempatkan untuk bersedekah sebelum Allah ambil kembali rezeki yang telah dititipkan kepada kita.

Yang terakhir, jagalah masa hidup sebelum datang kematian. Kematian merupakan suatu kepastian dan salah satu takdir dari Allah yang tidak bisa ditebak dan disangka-sangka. Bisa jadi orang meninggal karena sakit, bisa jadi orang yang meninggal tiba-tiba tanpa tanda-tanda karena sakit, bisa jadi orang meninggal karena sudah usia tua renta. Atau bisa pula orang yang masih usia belia Allah sudah panggil.

Oleh karena itu, selagi kita masih diberikan kesempatan hidup, perbanyak amalan-amalan kebaikan sebelum datang waktu kematian kita. Saling bantu-membantu sesama di lingkungan masyarakat maupun di lingkungan kerja agar kita dapat menjadi orang yang bermanfaat.

Seperti itulah 5 hal yang dipertanggungjawabkan di hadapan Allah di Akhirat nanti. Apakah kalian sudah memperhatikan benar-benar lima hal itu? Atau justru dilewatkan begitu saja?

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *