dr. Saddam Ismail: Ini 4 Jenis Buah yang Harus Dihindari bagi Penderita Asam Lambung, Salah Satunya Alpukat

Buah yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung
alpukat
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idAsam lambung merupakan salah satu penyakit yang dapat mengganggu kegiatan atau rutinitas dalam kehidupan sehari-hari, penyakit ini dapat menyebabkan penderitanya menjadi tidak nafsu makan hingga merasakan sakit yang sangat tidak nyaman pada perut.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang dapat mengalami penyakit ini, salah satunya adalah telat makan atau pola makan yang tidak teratur. Namun, dr. Saddam Ismail menyarakna untuk lebih memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi saat mengalami gangguan masalah pencernaan ini.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ada beberapa buah yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi bagi penderita asam lambung atau sakit maag. Apa saja buah tersebut?

Sebelum menjelaskan terkait hal tersebut, dr. Saddam Ismail menyebutkan beberapa buah yang baik dikonsumsi bahkan sangat cocok digunakan untuk memulikan pencernaan saat mengalami gangguan asam lambung atau maag, salah satunya yaitu buah apel.

Buah apel ini sangat baik atau disarankan untuk dikonsumsi saat mengalami masalah asam lambung atau maag, namun dokter ini juga menjelaskan ada beberapa macam buah apel yang seharusnya tidak disarankan atau tidak dikonsumi saat mengalami asam lambung atau maag yaitu buah apel hijau.

“Ada buah apel yang harus dihindari, apel hijau ya. Biasanya rasanya sedikit asam. Kalau seandainya temen-temen makan yang asam-asam, tentu malah nanti jadi tambah kumat ataupun tidak nyaman,” ucap dr. Saddam Ismail yang dikutip dari salah satu unggahan di Kanal Youtube Saddam Ismail pada 22 Februari 2021.

“Jadilah pilih apel yang matang dan warnanya merah, biar gak asam ya. Dapat manfaatnya, dapat sehatnya,” tambahnya.

Selain buah apel hijau, ada beberapa jenis buah yang kurang baik atau tidak disarankan untuk dikonsumsi bagi penderita asam lam lambung atau maag menurut dr. Saddam Ismail, di antaranya adalah buah jeruk.

Buah golongan jeruk ini tidak disarankan atau kurang baik, jeruk apa saja, jeruk bali, jeruk nipis, mau jeruk lemon ataupun golongan jeruk lainnya. Apapun namanya, pasti rasanya agak asem, kecut. Memang vitaminnya ada, memang dibutuhkan oleh tubuh tapi kalau temen-temen punya sakit maag itu dihindari dulu ataupun dibatasi,” kata dr. Saddam Ismail.

“Jeruk memang rasanya asam yang bisa meningkatkan resiko kambuh dan mengiritasi lambung,” lanjutnya dalam pembahasan tersebut.

Selanjutnya, buah yang sebaiknya dihindari atau tidak dikonsumsi bagi penderita asam lambung atau pun maag adalah tomat, menurut dr. Saddam Ismail salah satu buah ini memiliki rasa asam yang bisa menjadi salah satau penyebab munculnya asam lambung.

“Bagi temen-temen yang suka konsumsi tomat dan sering kambuh asam lambungnya, bisa saja ini jadi penyebabnya. Karena tomat itu memang sifatnya asam jadi memang harus dibatasi supaya tidak kambuh-kambuhan,” jelasnya.

Dan yang terakhir, dr. Saddam ISmail menyebukan buah alpukat yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi karena buah tersebut memiliki kandungan lemak yang dapat memicu naiknya asam lambung.

“Walaupun buah alpukat banyak manfaatnya, tapi ini tidak bersahabat dengan orang yang ada sakit maag ataupun asam lambung, karena buah alpukat ini mengandung lemak,” ujarnya.

“Walaupung lemak ini sehat, tapi dia (alpukat) tidak baik untuk penderita asam lambung atau sakit maag karena dia (alpukat) bisa merelaksasi otot-otot lambung ya, sehingga memicu naiknya asam lambung,” tambah dr. Saddam Ismail dalam penjelasannya tersebut. [jmbr]

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *