Hikmah Pagi : 4 Keutamaan Membaca Surah Al Mulk Sebelum Tidur

Alquran (Foto: Freepik)
Alquran (Foto: Freepik)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Hajinews.id- Surah Al Mulk di dalam kitab suci Alquran memiliki arti kerajaan. Surah ke-67 dalam Alquran juz ke-29 ini termasuk surah Makkiyyah. Memiliki jumlah 30 ayat. Surah ini turun sesudah Surat Ath-Thur.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Hajjaj ibnu Muhammad dan Ibnu Jafar. Keduanya mengatakan, telah menceritakan kepada kami Syubah, dari Qatadah, dari Abbas Al-Jusyami, dari Abu Hurairah, dari Rasulullah SAW, yang telah bersabda: “Inna suurotan fil quraani tsalatsiina aayatan syafa’at lishohibiha hatta ghufirolahu. Tabaarokalladzii biyadihil mulku”

Artinya: Sesungguhnya di dalam Alquran terdapat suatu surah berisikan tiga puluh ayat dapat memberi syafaat bagi pembacanya hingga ia mendapat ampunan, yaitu Tabarakal Lazi Biyadihil Mulku (Surah Al-Mulk).

Arbaah telah meriwayatkan hadis ini melalui Syubah dengan sanad yang sama. Imam Turmuzi mengatakan bahwa hadis ini hasan.

sesungguhnya surah Al-Mulk ini adalah surah yang menyelamatkan dan yang mendebat atau membela pembacanya kelak di hari kiamat di hadapan Tuhannya, dan memohon kepada-Nya agar menyelamatkannya dari azab neraka dan juga menyelamatkan penghafalnya dari siksa kubur.

Berikut empat keutamaan membaca surat Al-Mulk :

1. Syafaat di Hari Kiamat

Surah Al-Mulk akan menjadi syafaat atau penolong yang memohon ampunan bagi orang yang rajin membacanya di hari kiamat kelak.

2. Mencegah siksa kubur

Mencegah siksa kubur dan dan penyelamat bagi mereka yang menghafal dan membacanya pada malam sebelum tidur.

3. Dijauhkan dari api neraka

Surah ini akan datang pada hari kiamat dan menyampaikan siapa saja para pemilik surah tersebut. Sehingga, mereka akan masuk surga yang penuh kebahagiaan dan dijauhkan dari siksa api neraka.

4. Diganjar pahala berlipat

Dengan rajin membaca Surah Al-Mulk pada tiap malam, maka mendatangkan banyak perbuatan baik dan pahala bagi orang yang membacanya. Perbuatan baik ini kemudian dilipatgandakan hingga 10 kali dan Allah SWT melipatgandakan bagi siapapun yang Dia kehendaki.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *