Hikmah Pagi : 5 Sifat Buruk Manusia dalam Al-Qur’an

Foto: shutterstock
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

 

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Hajinews.id – Manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Tidak ada manusia di dunia ini yang belum pernah melakukan kesalahan maupun dosa. Dan, sebaik-baik dari mereka adalah yang mau bertaubat.

Sebagian ulama berpandangan bahwa semua sifat manusia di muka bumi terbagi menjadi dua, yaitu sifat baik dan sifat buruk. Ujung pangkalnya, jika sifat-sifat baik karena mewarisi sifat-sifat Habil. Sedangkan jika sifat-sifat buruk adalah karena mewarisi Qabil.

Manusia dituntut untuk selalu memiliki sifat yang baik. Karena sifat inilah yang akan menghantar mereka kepada kenikmatan surga. Sementar sifat buruk akan menghantarkannya ke siksaan neraka.

Dalam Al-Qur’an, Allah SWT memberikan penjelasan terkait dengan sifat-sifat buruk manusia. Dari sifat-sifat buruk ini, kita dianjurkan untuk tidak melakukannya.

Berikut 5 isyarat dalam Al-Qur’an tentang sifat buruk manusia yang wajib Anda jauhi:

1. Suka Membantah

Hal ini terungkap dalam QS. Al-Kahfi ayat 54:

وَلَقَدْ صَرَّفْنَا فِي هَٰذَا الْقُرْآنِ لِلنَّاسِ مِنْ كُلِّ مَثَلٍ ۚ وَكَانَ الْإِنْسَانُ أَكْثَرَ شَيْءٍ جَدَلًا

Artinya: “Dan sesungguhnya Kami telah mengulang-ulangi bagi manusia dalam Al Quran ini bermacam-macam perumpamaan. Dan manusia adalah makhluk yang paling banyak membantah.”

إِنَّا عَرَضْنَا الْأَمَانَةَ عَلَى السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَالْجِبَالِ فَأَبَيْنَ أَنْ يَحْمِلْنَهَا وَأَشْفَقْنَ مِنْهَا وَحَمَلَهَا الْإِنْسَانُ ۖ إِنَّهُ كَانَ ظَلُومًا جَهُولًا

Artinya: “Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat (tugas keagamaan) kepada langit, bumi, dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh.” (QS. Al-Ahzab [33]: 72).

3. Suka Gelisah dan Berkeluh Kesah

إِنَّ الْإِنْسَانَ خُلِقَ هَلُوعًا، إِذَا مَسَّهُ الشَّرُّ جَزُوعًا

Artinya: “Sesungguhnya manusia diciptakan berkeluh kesah lagi kikir. Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah,” (QS. Al-Ma’arif [70]: 19-20).

4. Suka Tergesa-gesa

خُلِقَ الْإِنْسَانُ مِنْ عَجَلٍ ۚ سَأُرِيكُمْ آيَاتِي فَلَا تَسْتَعْجِلُونِ

Artinya: “Manusia telah dijadikan (bertabiat) tergesa-gesa. Kelak akan Aku perIihatkan kepadamu tanda-tanda azab-Ku. Maka janganlah kamu minta kepada-Ku mendatangkannya dengan segera,” (QS. Al-Anbiya [21]: 37).

5. Mencintai Dunia

كَلَّا بَلْ تُحِبُّونَ الْعَاجِلَةَ

Artinya: “Sekali-kali janganlah demikian. Sebenarnya kamu (hai manusia) mencintai kehidupan dunia,” (QS. Al-Qiyamah [75]: 20).

Itulah beberapa sifat buruk manusia yang disebut dalam Al-Qur’an. Semoga dengan membaca dan merenungi ayat-ayat di atas, Anda akan dijauhkan dari sifat-sifat buruk yang sangat tercela.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *