Inilah Doa Dunia Akhirat, Berikut Arti dan Keutamaannya

Doa Dunia Akhirat
Doa Dunia Akhirat
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idDoa merupakan ibadah yang agung dan amal shaleh yang utama. Bahkan ia juga merupakan esensi ibadah. Doa dalam istilah Alquran memiliki ragam makna yang cukup kompleks seperti doa dalam Alquran ialah menunjukkan kerendahan diri serta menyatakan keperluan dan ketundukan kepada Allah.

Jadi dengan doa berarti kita menyatakan apa yang dikehendaki terhadap Allah SWT. Untuk mendapatkan memanfaatkan atau menolak kemudharatan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sebagai umat muslim salah satu doa yang penting untuk diketahui adalah doa dunia akhirat. Tentu saja kita semua selalu ingin diberi keselamatan oleh Allah SWT. Bukan hanya keselamatan dunia tetapi juga keselamatan akhirat.

Berikut ini lebih jauh informasi mengenai doa dunia akhirat, lengkap dengan arti dan keutamaannya telah dirangkum dari Liputan6.com dan NU Online:

Doa Dunia Akhirat

Allahumma innaa nas-aluka salaamatan fid diini wa ‘afiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qablal mauti wa rohmatan ‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal mauti, allahummaa hawwin ‘alainaa fil sakaraatil mauti wannajaata minan naari wal ‘afwa ‘indal hisaabi, rabbanaa laa tuzigh quluubana ba’da idz hadaitanaa wahab lanaa mil ladunka rahma, innaka antal wahhaab, rabbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah, wa fil akhirati hasanah waqinaa ‘adzaa ban naar.

©Shutterstock

Artinya:

“Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmar di waktu mati, dan keampunan sesudah mati. Ya, Allah, mudahkanlah kami saat pencabutan nyawa selamat dari api neraka dan mendapat kemaafan ketika amal diperhitungkan. Ya Allah, janganlah Engkau goyahkan hati kami setelah Engkau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi. Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.”

Keutamaan Doa Dunia Akhirat

Doa memohon keselamatan dunia dan akhirat kerap juga disebut doa sapu jagat. Doa ini mengandung banyak keutamaan karena besarnya cakupan permohonan kebaikan. Di mana doa sapu jagat ini adalah lafal doa yang paling banyak dibaca oleh Rasulullah SAW. Intensitas yang tinggi dapat memperlihatkan betapa pentingnya doa ini. Diketahui dari kesaksian para sahabatnya sebagai diriwayatkan hadits berikut ini:

عن أنس قال كان أكثر دعاء النبي صلى الله عليه وسلم اللهم ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار

Artinya: “Dari Anas, ia berkata, ‘Kebanyakan doa yang dibaca Rasulullah SAW adalah ‘Allāhumma, ātinā fid dunyā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā ‘adzāban nār, ’’” (HR Bukhari dan Muslim). [mrdk]

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *