Hikmah Siang : 7 Manfaat Menggunakan Jilbab Bagi Seorang Muslimah

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Menggunakan jilbab merupakan kewajiban bagi setiap muslimah dan merupakan syariat agama Islam. Di Indonesia sendiri jilbab kini telah dijadikan identitas wanita yang beragama muslim. Berikut ini manfaat menggunakan jilbab yang penting diketahui oleh setiap perempuan muslim.

Jilbab sendiri adalah pakaian wanita yang longgar yang dapat menutup kepala, muka, dan dada. Jilbab termasuk dalam sebagian dari unsur busana seorang wanita yang biasa dikenakan untuk menutupi bagian kepala dengan bentuk dengan pola tertentu.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dapat disimpulkan bahwa, fungsi utama jilbab adalah untuk menutupi aurat seorang wanita. Di dalam islam arti kata aurat adalah bagian dari tubuh wanita yang tidak boleh terlihat, apabila terlihat maka akan menimbulkan syahwat bahkan dosa.

Perintah berhijab hukumnya wajib bagi kaum wanita. Hal ini sebagaimana yang Allah tekankan dalam Alquran Surah Al Ahzab ayat 59.

“Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istri, anak-anak perempuan dan istri-istri orang Mukmin, ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka mudah dikenali, oleh sebab itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha Penyayang.”

Berikut ini manfaat menggunakan jilbab bagi seorang perempuan muslim.

1. Mentaati perintah agama
Perintah menggunakan jilbab telah ditegaskan oleh Allah SWT dalam Al Quran. Sehingga wajib hukumnya bagi seorang wanita menggunakan jilbab. Dengan menggunakan jilbab sesuai syariat agama seorang wanita dianggap telah mentaati perintah agama.

Dasar seorang Muslim diperintahkan memakai jilbab yakni:

“Hai nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuan dan wanita-wanita (keluarga) orang-orang Mukmin, agar mereka mengulurkan atas diri mereka (ke seluruh tubuh mereka) jilbab mereka. Hal itu menjadikan mereka mudah dikenal (sebagai wanita Muslimah yang terhormat dan merdeka) sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah senantiasa Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS Al-Ahzab ayat 59)

2. Terhindar dari azab yang pedih
Manfaat menggunakan jilbab berikutnya yaitu dapat terhindar dari azab yang pedih. Tidak akan rugi bagi setiap muslimah jika menggunakan jilbab. Dengan berjilbab maka akan terlindungi dari dosa dan mara bahaya. Tidak hanya itu, dengan berjilbab bisa mempercantik penampilan.

Hal ini diterangkan dalam sebuah hadis. Rasulullah SAW bersabda:

“Aku melihat ada perempuan di gantung rambutnya, otaknya mendidih. Perempuan itu adalah perempuan yang mengumbar dan mempertontonkan rambutnya kepada laki-laki selain suaminya. Perempuan ini mukanya akan menghitam dan memakan isi perutnya sendiri”. (HR Bukhari dan Muslim)

3. Menjaga kehormatan diri
Jilbab juga bermanfaat untuk menjaga diri seorang perempuan dari godaan laki-laki. Dengan berjilbab Allah senantiasa akan melindungi seorang wanita dari bahaya. Tidak hanya itu, jilbab juga akan menjaga syahwat seorang pria terhadap wanita. Oleh karenannya penting bagi seorang muslim mentaati perintah Allah.

4. Memperoleh jodoh yang baik
Perempuan yang berjilbab dengan akhlak yang baik, akan dikagumi oleh banyak orang. Khususnya pria yang berakhlak baik pula. Sebagaimana janji Allah SWT bahwa wanita baik untuk laki-laki yang baik, begitupun sebaliknya.

hal ini dijelaskan dalam Al-Quran:
“Perempuan yang keji adalah untuk laki-laki yang keji. Dan laki-laki yang keji untuk perempuan yang keji pula. Perempuan yang baik adalah untuk laki-laki yang baik. Dan laki-laki yang baik untuk perempuan yang baik pula.” (QS. An Nur: 26)

5. Menjaga kesehatan kulit
Selain bertujuan untuk menutup aurat dan menjaga diri dari pandangan laki-laki, mengenakan hijab /jilbab juga merupakan identitas dan aktualisasi diri seorang muslimah. Tidak hanya itu, hijab juga merupakan pelindung kulit yang paling ampuh bahkan melebihi keampuhan SPF. Bagi seorang muslimah yang berhijab tak perlu khawatir sebab sebuah penelitian mengatakan bahwa jilbab dapat melindungi pemakainya dari penyakit yang ditimbulkan oleh radiasi sinar ultraviolet matahari.

6. Menjaga dari hawa dingin
Selain melindungi pemakainya dari panas, hijab juga melindungi pemakainya dari udara dingin. Tubuh yang terkena suhu dingin terlalu lama akan membuat seseorang menderita demam, flu, rasa ngilu, dan gemetaran pada tubuh.

Sebuah study kesehatan membuktikan bahwa 40-60 persen panas tubuh menurun akibat udara yang terlalu dingin. Sehinga orang-orang disarankan menutup kepala dan tubuhnya dengan pakaian tebal demi menjaga panas tubuh tersebut.

7. Mencegah terjadinya kontaminasi dan penyebaran virus maupun infeksi
Yang terakhir, manfaat menggunakan jilbab yaitu dapat mencegah terjadinya kontaminasi dan penyebaran virus maupun infeksi yang disebabkan oleh kepala atau rambut. Pada saat ini beberapa jenis profesi mengharuskan karyawannya untuk menutup kepala demi menjaga kebersihan di lingkungan pekerjaan. Misalnya perawat, pekerja di restoran cepat saji, klinik, dan yang lainnya.

Itulah tadi beberapa manfaat menggunakan jilbab bagi seorang wanita muslim. Jika melakukan aktivitas sepanjang hari dengan memakai jilbab. Maka penting bagi seorang muslimah untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *