Hikmah Pagi : 5 Dahsyatnya Keutamaan Sedekah Subuh

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Hajinews.id – Di luar zakat dan zakat fitrah, sedekah adalah memberikan sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya.Sebagai umat muslim, sudah seharusnya untuk memperbanyak amalan, seperti sedekah. Memang, bersedekah tidak memiliki batas dan bisa dilakukan kapan saja.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 280 yang artinya:
“Dan jika (orang yang berhutang itu) dalam kesukaran, maka berilah tangguh sampai dia berkelapangan. Dan menyedekahkan (sebagian atau semua utang) itu, lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.”

Namun, tahukah kamu kalau melakukan sedekah di waktu Subuh atau sebelum matahari terbit memiliki keutamaannya sendiri.

Apa itu sedekah Subuh?
Sedekah Subuh adalah pemberian seorang muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas, tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Bahkan, sedekahnya lebih luas dari sekadar zakat maupun infak.

Dilansir dari berbagai sumber, terdapat beberapa keutamaan dari sedekah Subuh.

1. Senantiasa didoakan malaikat
Keistimewaan bersedekah di waktu Subuh adalah malaikat yang turun ke bumi akan segera mendoakan orang yang bersedekah tersebut. Hal ini suatu hadis yang berbunyi,
“Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata: ‘Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah.’ Malaikat yang satu berkata: ‘Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil.” (HR al-Bukhari dan Muslim)

2. Permintaannya dikabulkan
Dikutip dari laman Zakat.or.id, Almarhum Syekh Ali Jaber pernah menyampaikan bahwa bersedekah di waktu Subuh adalah paling baik karena itulah waktu ketika permintaan atau hajat kita cepat terkabul.

“Sebuah waktu Subuh, Allah turunkan malaikat yang mendoakan orang yang berinfak di Subuh hari. bersedekah Subuh yang diiringi doa juga dapat membantu terkabulnya permintaan, memperlancar rezeki, mengangkat penyakit, hingga dimudahkan segala urusannya,” kata beliau pada sebuah tausiyah.

3. Membersihkan harta
Sebagai manusia, sudah sepatutnya untuk kita berhati=hati, karena mungkin saja harta yang diperoleh bercampur dengan yang tidak halal. Inilah mengapa, bersedekah di waktu Subuh dapat membersihkan harta.
Allah SWT berfirman dalam QS. Al-An’am ayat 14 yang artinya:
“Katakanlah: “Apakah akan aku jadikan pelindung selain dari Allah yang menjadikan langit dan bumi, padahal Dia memberi makan dan tidak memberi makan?” Katakanlah: “Sesungguhnya aku diperintah supaya aku menjadi orang yang pertama kali menyerah diri (kepada Allah), dan jangan sekali-kali kamu masuk golongan orang musyrik”.

4. Salah satu kunci pintu surga
Setiap manusia yang ingin masuk surga, tentu harus melakukan bayak amalan-amalan baik secara istiqamah. Sebagaimana diketahui, surga itu memiliki banyak pintu. Maka dari itu, melakukan sedekah Subuh, menjadi salah satu kunci seseorang agar masuk surga.

“Barangsiapa menyedekahkan dua pasang kuda fisabilillah, niscaya akan dipanggil di surga kelak; Wahai hamba Allah, inilah kebaikan. Jika ia ahli shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat. Jika ia ahli jihad, maka akan dipanggil dari pintu jihad. Jika ia ahli sedekah ia akan dipanggil dari pintu sedekah. Dan jika termasuk ahli puasa, maka akan dipanggil dari pintu Ar- Rayyan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Penaung pada hari kiamat
Pada hari akhir, diketahui jarak matahari akan menjadi sangat dekat dan tidak ada tempat untuk bernaung. Sehingga manusia akan tenggelam dalam keringatnya sendiri. Namun, hanya orang-orang saleh lah yang akan diberi perlindungan.

“Dan seseorang yang bersędekah secara sembunyi-sembunyi sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR AI-Bukhari dan Muslim)
Itulah beberapa keutamaan dari melakukan sedekah Subuh. Jadi, sempatkanlah waktu untuk melakukan sedekah Subuh, ya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *