Hikmah Malam : Al Kautsar, Surat Pendek Berisi Kabar Gembira untuk Umat Manusia

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Surah Al Kautsar adalah surat terpendek di dalam Al Quran, hanya terdiri dari 3 ayat. Surat ini merupakan surat ke 108 dalam urutan surat dalam Al Quran. Meski hanya 3 ayat, surat ini memiliki makna yang mendalam, karena berisi perintah untuk mendirikan sholat, yang merupakan ibadah wajib dalam Islam,

Laman bersamadakwah.net menulis, nama surah Al Kautsar merupakan nama sebuah sungai di surga. Al Kautsar juga bisa diartikan sebagai nikmat yang banyak. Karena itu Sebagian orang memaknai isi dari Surat Al Kautsar adalah membawa sebuah berita gembira.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Berikut bunyi Surat Al Kautsar, berikut cara membaca dan artinya:
1. inn a’ainkal kauar
artinya: Sesungguhnya telah diberikan kepadamu nikmat yang amat sangat banyak

2. fa alli lirabbika wan har
Artinya: Maka dirikanlah shalat semata-maa hanya karena Allah dan lalu lakukanlah ibadah korban

3. inna syni`aka huwal abtar
Artinya: Sebenarnya mereka yang membencimulah yang terputus.

Sebagaimana disebutkan di atas, Al Kautsar juga bisa diartikan sebagai nikmat yang banyak. Hal ini tentunya sebuah kabar gembira bagi umat Islam, Hal tersebut juga terekam dalam sebuah hadits yang menunjukkan sebab musabab turunnya ayat ini.

Imam Ahmad meriwayatkan dari Anas bin Malik, terkait asbabun nuvul surat Al Kautsar. Suatu hari Nabi Muhammad menundukkan kepalanya, lalu mengangkatnya kembali sambil tersenyum. Melihat hal tersebut, para sahabat bertanya, “Mengapa Engkau tersenyum ya Rasulullah?”

Lalu rasul menjawab, “Sesbungguhnya telah diturunkan kepadaku sebuah surat,” Lalu nabi membacakan Surat Al Kautsar, dan bertanya lagi kepada para sahabat, “Tahukah kalian apakah Al Kautsat itu?”

Para sahabat menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui,”. Lalu Nabi Muhammad bersabda:
Al Kautsar adalah sebuah sungai (telaga) yang diberikan kepadaku oleh Tuhanku di dalam surga. Padanya terdapat kebaikan yang baik. Umatku kelak akan mendatanginya di hari kiamat. Jumlah wadah-wadah (bejana-bejana)nya sama dengan bilangan bintang-bintang. Diusir darinya seseorang hamba, maka aku berkata, “Ya Tuhanku, sesungguhnya dia dari umatku.” Maka dikatakan, “Sesungguhnya kamu tidak mengetahui apa yang telah dibuat-buatnya sesudahmu.” (HR. Ahmad)

Berdasarkan asbabun nuzul di atas, sebagian ulama berpendapat Surat Al Kautsar adalah surat madaniyah. Ini disebabkan Anas Bin Malik memluk Islam setelah rasul Hijrah ke Madinah. Namun ada juga ulama yang menyatakan surat ini turun di Makkah, lalu duturunkan kagi di Madinah.

Keutamaan Surat Al Kautsar
Laman dalamislam.com menulis, ada sejumlah keutamaan dari Surat Al Kautsar, diantaranya:
1. Bisa Membuat Hubungan Keluarga Lebih Harmonis
Surat Al Kautsar dipercaya bisa meningkatkan keharmonisan keluarga. Caranya adalah dengn membacanya secara rutin ketika meleksanakan sholat Tahajjud Bersama suami atau istri Anda. Dengan begitu Insya Allah, keluarga kita akan menjadi harmonis, Sakinah, mawadah dan warohmah sampai maut memisahkan.

2. Bisa digunakan sebagai penyembuh penyakit
Surat Al Kautsar juga dipercaya bisa menjadi medium untuk menyembuhkan beragam penyakit. Ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar untuk meminta kesembuhan pada Allah swt. Caranya siapkan terlebih dahulu segelas air, lalu bacakan Surat Al Kautsar di dekat air tersebut, lalu minumkan kepada orang yang sakit.

3. Bisa membuat hati orang menjadi lunak
Jika Anda sedang dirundung ketakutan karena akan berhadapan dengan orang yang galak dan Anda was-was jika bertemu dengannya, maka bacalah Surat Al Kautsar sebanyak tiga kali.Insya Allah hati orang tersebut akan melunak pada Anda. Cara yang sama juga bisa digunakan ketika Anda hendak menghadapi orang yang membenci Anda.

4. Bisa menjadi pembuka rezeki
Jika Anda sering membaca Surat Al Kautsar, secara tidak langsung Anda sedang membuka pintu rezeki Anda sendiri. Sebab surat ini dipercaya bisa menjadi alat untuk membuka pintu rezeki yang halal dan baik, sehingga rezeki Anda akan terasa lebih banyak dari sebelumnya.

5. Busa menciptakan ketenteraman dalam hati
Selain itu, Surat Al Kautsar dipercaya bisa memberikan ketenangan dan ketenteraman dalam hati, jika dibaca dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya jika kita selalu membacanya ketika melakukan sholat wajib dan sunnah setiap hari.

Demikian pembahasan mengenai Surat Al Kautsar, termasuk soal makna dan keutamaannya. Semoga membuat kita lebih sering membaca surat ini dan mendapatkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *