Perilaku Kontroversial Penista Agama

Perilaku Kontroversial Penista Agama
Perilaku Kontroversial Penista Agama
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Prof. Rasyid Masri

Hajinews.id – Awal tahun mestinya kehidupan bangsa Indonesia lebih baik, lebih damai, lebih rukun sejuk dan lebih harmoni antar anak bangsa, namun di awal tahun baru 2022 masyarakat Indonesia diributkan berbagai kasus penista agama dengan pernyataan kontroversial bermuatan penghinaan keyakinan dan nilai agama tertentu seakan mengawali tahun baru 2022, perbuatan penista agama dan penyebar ajaran kebencian dan penghinaan merupakan indikator kemiskinan moral dan kemiskinan budaya di tandai terkikisnya budaya saling menghargai. Padahal bangsa Indonesia di kenal masyarakatnya beradab, sopan santun memiliki budaya kekeluargaan dan gotong royong namun sekerang ini rasa- rasanya mulai terhepas oleh egoisme kelompok, egoisme etnis dan egoisme antar penganut agama.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Perilaku menyimpang dan negatif yang mirip kelainan jiwa kian hari terasa semakin akrab dipertontonkan oleh oknum yang sengaja mencari sensasi pribadi dan sensasi kelompok yang jauh dari moralitas budaya luhur bangsa Indonesia sebagai negara yang menghargai toleransi dan perbedaan, lalu apa itu artinya sosialisasi konsep Moderasi beragama program yang gencar dilakukan oleh kementerian agama dapat di sebut gagal memberi kesadaran kolektif kepada semua umat di Indonesia, tentu perlu di uji dan di riset lebih dulu untuk bisa memastikan ada tidaknya korelasional antara Moderasi beragama dengan kurangnya kesadaran toleransi beragama.

Perilaku saling melecehkan dan saling merendahkan martabat kemanusian dan moral agama jelas menjadi perilaku kontroversial seperti penista agama yang semakin marak, semakin berani menistakan nilai agama dan keyakinan umat yang berbeda Tuhan dan praktek keagamaan.

Masih segar sekali dalam ingatan bagaimana M Kece yang sekarang sudah jadi tersangka tuduhan penistaan agama, di duga pelecehan agama dan menyebarkan kebencian dan berpotensi meruntuhkan harmoni kerukunan beragama.

Kini muncul lagi kasus yang mirip sedang viral pengiat media sosial saudara Ferdinand Hutahaean melontarkan pernyataan kontroversial yang menyebut “ AllahMU  Lemah’ dan seterunya ..ini dinilai banyak kalangan telah menodai ajaran agama tertentu dan merendahkan Allah swt Tuhannya umat Islam yang maha besar, yang maha kuat dan maha segala galanya .

Penista agama bisa dimaknai orang yang miskin moral, miskin akhlak, penista itu dapat  di sinonim kan menghina, kata nista itu berarti hina yang berarti perbuatan tercela, membuka aib, membuka cacat dan bersifat melecehkan sehingga penista agama berarti orang yang dengan sadar melakukan pelecehan terhadap nilai luhur agama dari keyakinan seseorang atau komunitas tertentu. Semoga Allah Swt melindungi kita semua dari perilaku tercela ..Aamiin . wassalam.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *