Hikmah Malam : Dahsyatnya Kekuatan Kalimat Allahumma Antassalam Waminkassalam

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Hajinews.id – Ketika mengerjakan sholat, ada banyak bacaan yang kita bacakan baik yang wajib maupun sunnahnya. Saat sholat berjamaah, imam biasanya melantunkan kalimat Allahumma Antassalam, bacaan apakah itu? Ternyata Allahuma Antassalam Waminkassalam merupakan bacaan dzikir yang diamalkan setelah sholat fardhu.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Selain dari kita mendapatkan pahala atas dzikir yang kita lakukan, kita pun akan mendapatkan ketenangan hati dan kebesaran jiwa. Kendati demikian, hendaknya dalam berdizkir dilakukan semata-mata karena Allah SWT. Bukan karena ingin pahala, ingin ketenangan jiwa, atau ingin terlihat baik di mata manusia. Hal-hal demikian hanya buah kecil yang akan bisa dirasakan apabila dzikir yang kita lakukan ikhlas semata-mata karena Allah SWT.

Lantas apa sih makna Allahumma Antassalam Waminkassalam yang sering dibaca imam setelah sholat wajib? Berikut ulasannya.

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلاَمُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلاَمِ وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ دَارَ السَّلاَمِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَالْجَلاَلِ وَالْأِ كْرَامِ

Bacaan latinnya:

Allahumma antassalam, wa minkassalam, wa ilaika ya’uudussalam, fahayyina robbana bissalam, wa adkhilnal jannata daarossalam, tabarokta robbana wa ta’aalayta, yaa dzal jalaali wal ikram.

Artinya:

“Ya Allah, Engkau adalah Dzat yang mempunyai kesejahteraan, dari-Mu kesejahteraan itu, kepada-Mu akan kembali lagi segala kesejahteraan itu, Ya Tuhan kami, hidupkanlah kami dengan sejahtera. Masukanlah kami ke dalam surga kampung kesejahteraan. Engkaulah yang berkuasa memberi berkah yang banyak dan Engkaulah Yang Maha Tinggi, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.”

Selain itu juga, bacaan dzikir Allahumma Antassalam bisa dinyanyikan dengan nada lagu. Banyak munsyid dan grup sholawat yang mengemasnya menjadi sangat kaya dan enak untuk didengar serta dilantunkan. Apalagi dzikir Allahumma Antassalam ini memiliki fadilah dan keutamaan yang besar.

Dalam buku Keutamaan Doa & Dzikir Untuk Hidup Bahagia Sejahtera yang ditulis oleh M. Khalilurrahman Al Mahfani dijelaskan bahwa membaca dzikir allahumma antassalam waminkassalam tabarakta ya dzaljalali wal ikram bermanfaat bagi umat Muslim sebab dzikir ini akan menuntun kita pada ketenangan sekaligus kemantapan hati.

Kendati demikian, akan lebih baik jika dzikir ini dibaca setelah melaksanakan sholat.

Dzikir Allohumma Antassalam merupakan dzikir yang bersumber dari Baginda Nabi Muhammad SAW. Dalilnya bisa kita lihat dalam beberapa hadits, termasuk hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim,

حَدَّثَنَا دَاوُدُ بْنُ رُشَيْدٍ، حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ، عَنِ الْأَوْزَاعِيِّ، عَنْ أَبِي عَمَّارٍ، اسْمُهُ شَدَّادُ بْنُ عَبْدِ اللهِ، عَنْ أَبِي أَسْمَاءَ، عَنْ ثَوْبَانَ، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، إِذَا انْصَرَفَ مِنْ صَلَاتِهِ اسْتَغْفَرَ ثَلَاثًا وَقَالَ: «اللهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ، تَبَارَكْتَ ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ» قَالَ الْوَلِيدُ: فَقُلْتُ لِلْأَوْزَاعِيِّ: ” كَيْفَ الْاسْتِغْفَارُ؟ قَالَ: تَقُولُ: أَسْتَغْفِرُ اللهَ، أَسْتَغْفِرُ اللهَ “

Artinya, “Rasulullah setelah selesai dari sholatnya beliau membaca istighfar 3x, lalu mengucapkan allahumma antassalam wa minkassalam tabarakta dzal jalali wal ikram.” (HR Muslim)

Dengan demikian itulah arti Allahumma Antassalam yang merupakan dzikir yang kerap dibaca selepas sholat wajib.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *