Potret Megahnya Jakarta International Stadium ( JIS ), Sebuah Maha Karya Anak Bangsa

Megahnya Jakarta International Stadium
Megahnya Jakarta International Stadium
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Manajer Proyek Jakarta International Stadium (JIS), Arry Wibowo, mengatakan tidak ada pekerja asing yang mengerjakan proyek JIS.

Pembangunan stadion bertaraf internasional itu seluruhnya dikerjakan pekerja dalam negeri.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Arry menuturkan semua pekerja JIS merupakan warga dari semua daerah di Indonesia. Adapun jumlahnya saat ini mencapai 3 ribu orang.

“Jadi, bisa saya pastikan ketenagakerjaan ini pure lokal dari 3000-an pekerja seperti yang saya sampaikan, ini tersebar dari seluruh penjuru tanah air dari Sabang-Merauke,” ucap Arry dalam kunjungan media ke Stadion JIS, Tj. Priuk, Jakarta Utara, Jumat (14/1/2022).

Lanjutnya, kata Arry, ia bersama pihaknya memiliki data lengkap terkait para pekerja JIS dan daerah asalnya.

Hal tersebut akan terus diawasi dan dipantau secara bertahap, lantaran proyek besar ini menjadi salah satu upaya pemulihan ekonomi yang dapat mengurangi tingkat pengangguran.

“Karena ini kan proyek dari pemulihan ekonomi nasional, serapan tenaga kerja yang ada di Jakarta dan sekitar ini mendapatkan perhatian, kemarin mas,” jelas Arry.

Tidak hanya para pekerja di lapangan saja, namun kata Arry pihak eksekutif proyek ini juga seluruhnya tidak berasal dari dalam negeri.

“Untuk stakeholders proyek ini, untuk kami projek owner, Jakpro pure lokal termasuk dari kontraktor pelaksana konsorsium Wika Gedung, Jaya Konstruksi dan PP, top levelnya,” ungkapnya.

“Sedang project manajer sampai dengan staff semuanya lokal tenaga kerja itu subcom, mandor lokal,” tutupnya.

Boleh dikunjungi warga

Kabar baik bagi warga Ibu Kota, Jakarta International Stadium (JIS) membuka kunjungan bagi masyarakat umum untuk mengunjungi dan menikmati megahnya Stadion bertaraf Internasional ini yang di mulai pada hari ini 14 Januari hingga 26 Maret 2022 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Manager Proyek JIS, Arry Wibowo.

“Kunjungan masyarakat umum ditargetkan sampai Maret,” ucap Arry saat menghadiri jumpa media di press conference room JIS, Jakarta Utara, Jumat (14/1/2022).

Lanjutnya, kata dia, kunjungan ini akan dibagi bertahap agar semua masyarakat dapat merasakan stadion berstandar Federation of International Football Association (FIFA) tersebut.

“Biar semua masyarakat bisa merasakan maka kita akan membuka kunjungan ini dengan membagi kunjungan bagi masyarakat supaya masyarakat dapat merasakan semua” jelas Arry.

Berdasarkan akun Instagram resminya @jakintstadium, bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke JIS dapat mengisi form kunjungan yakni http://bit.ly/kunjunganJIS.

Sebelumnya diketahui, Arry juga menyebut dalam waktu dekat warga Ibu Kota akan memiliki stadion megah bertaraf internasional yakni Jakarta International Stadium (JIS).

Ia mengatakan bahwa hingga awal Januari ini, progres pembangunan stadion sudah mencapai 93,8 persen.

Stadion bertaraf Internasional pastinya memiliki banyak keunggulan. Salah satunya skyview deck yang terletak di atas ketinggian 72 meter dan dapat digunakan untuk joging track.

“Target kami akan selesai di Maret 2022,” ucap Arry saat menghadiri jumpa media di press conference room JIS, Jakarta Utara, Jumat (14/1/2022).

JIS didesain menjadi stadion berstandar internasional dan berstandar FIFA dengan konsep Green Building level Platinum Grade.

Adapun stadion ini mampu menampung kapasitas penonton hingga 82.000 orang dengan fasilitas atap buka-tutup dan memiliki rumput hybrid pertama di Indonesia.

Pikiran besar Anies

Stadion Jakarta International Stadium (JIS) dinilai sebagai karya besar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selama menjadi pemimpin di Ibu Kota.

Stadion yang diklaim terbaik di wilayah Asia Tenggara itu pada hakekatnya digagas di era Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso (1997-2007), namun baru terealisasi sekarang.

Megahnya Jakarta International Stadium
Megahnya Jakarta International Stadium

JIS ini karya besar yang orang tidak bisa menutup mata, bahwa ini karya besar dan JIS ini impian dan pikiran hampir semua Gubernur, itu menurut saya,” kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohammad Taufik pada Jumat (31/12/2021) malam.

Saat itu Taufik yang masih bertugas menjadi Manager Persatuan Sepak Bola Indonesia Jakarta Utara (Persitara) berdiskusi dengan Sutiyoso, bahwa Pemprov DKI Jakarta harus memiliki stadion yang dikelolanya sendiri.

“Waktu itu saya bilang, pak (Sutiyoso) Jakarta tidak punya stadion. Gelora Bung Karno bukan punya kita (Pemprov DKI), dan yang di Lebak Bulus itu bukan stadion, tapi buat tarkam (antar kampung). Akhirnya ketemulah tanah BMW (bersih, manusiawi, wibawa) di lokasi JIS sekarang,” jelas Taufik.

Meski lokasi telah ditetapkan, namun proyek stadion internasional di Taman BMW tidak kunjung dikerjakan.

Namun ketika Anies Baswedan mulai menjabat sebagai Gubernur DKI tahun 2017, proses perencanaan dan pembangunannya mulai terlihat.

“InsyaAllah bulan Maret 2022 diresmikan dan publik harus melihat betapa ini (JIS) jadi karya besar anak bangsa, karena seluruhnya orang Indonesia yang mengerjakan,” ungkap Taufik dari Fraksi Gerindra ini.

Taufik berceritan keunggulan Jakarta International Stadium yang kualitasnya tidak kalah dengan stadion-stadion sepak bola di benua Eropa.

Hal itu dikatakan Taufik usai menyempatkan diri meninjau progres pembangunan JIS beberapa waktu lalu.

“Di bagian paling atas stadion JIS itu ada jogging trek. Saya rasa itu bisa jadi objek wisata olahraga, dan itu karya yang tidak bisa dipungkiri. Kemudian dari sisi kapasitas juga lebih banyak mencapai 82.000 penonton,” jelas Taufik.

Seperti diketahui, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto, mengungkap proyek pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) telah mencapai 92 persen.

Rencananya soft launching stadion tersebut akan dilakukan pada Februari 2022 mendatang atau ketika ajang Formula E di Kawasan Ancol Jakarta Utara sudah siap digunakan 100 persen pada 4 Juni 2022.

“Soft launching Februari. (Pas Formula E), malah sudah grand launching,” kata Widi.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *