Inilah Hadits 6 Keutamaan Jika Kita Memuliakan Anak Yatim

Keutamaan Jika Kita Memuliakan Anak Yatim
Keutamaan Jika Kita Memuliakan Anak Yatim
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idANAK yatim memiliki kedudukan yang istimewa dalam Islam. Tidak heran, keutamaan memuliakan anak yatim ini sampai disebutkan demikian banyaknya. Dalam Alquran, tercatat 22 ayat membahas tentang anak yatim.

Terlarang bagi muslim memakan harta anak yatim. Ada azab pedih yang menanti para pelanggar larangan tersebut. Seperti dijelaskan dalam firman Allah SWT:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka).” (QS. An-Nisa’ ayat 10)

Dalam ajaran Islam, muslim diwajibkan untuk menyantuni anak yatim, berbuat baik kepada anak yatim, dan tidak memandang sebelah mata atau menghardiknya.

Terdapat keutamaan yang besar bagi muslim yang memuliakan anak yatim. Apa saja keutamaan hadits tersebut?

Keutamaan Memuliakan Anak Yatim: Mendapat balasan surga

“Barangsiapa yang mengikutsertakan seorang anak yatim di antara dua orangtua Muslim, dalam makan dan minumnya sehingga mencukupinya maka ia pasti masuk surga.” (HR. Al-Baniy, Shahih At Targhib, Malik Ibnu Harits)

Keutamaan Memuliakan Anak Yatim: Memperoleh perlindungan di hari kiamat

Nabi Muhammad ﷺ bersabda, “Demi Allah yang mengutusku dengan kebenaran di hari kiamat Allah SWT tidak akan mengadzab orang yang mengasihi anak yatim dan berlaku ramah padanya serta manis tutur katanya. Dia benar-benar menyayangi anak yatim dan mengerti kekurangannya, dan tidak menyombongkan diri pada tetangganya atas kekayaan yang diperoleh Allah kepadanya.” (H.R. Thabrani)

Keutamaan Memuliakan Anak Yatim: Dekat dengan Rasulullah di surga

Nabi Muhammad ﷺ bersabda: “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya” (HR. Bukhari)

Keutamaan Memuliakan Anak Yatim: Membawa berkah ke dalam rumah

“Dengan menyantuni dan memelihara anak yatim, maka akan banyak kelimpahan berkah yang ada pada rumah tersebut tidak peduli seberapa bagus atau jelek rumah tersebut. Sebaik-baik rumah di kalangan kaum muslimin adalah rumah yang terdapat anak yatim yang diperlakukan dengan baik. Dan sejelek-jelek rumah di kalangan kaum muslimin adalah rumah yang terdapat anak yatim dan dia diperlakukan dengan buruk.” (HR. Ibnu Majah)

Keutamaan Memuliakan Anak Yatim: Melunakkan hati yang keras

“Sukakah kamu, jika hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu terpenuhi ? Kasihilah anak yatim, usaplah mukanya, dan berilah makan dari makananmu, niscaya hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu akan terpenuhi.” (HR. Al-Baniy, Shahi Al-Jami’, Abu Darda).

Keutamaan Memuliakan Anak Yatim: Dikasihi oleh Allah SWT

“Orang-orang yang pengasih akan dikasihi oleh Ar Rohman (Yang Maha Pengasih) Tabaaroka wa ta’ala. Kasihilah siapa yang ada dibumi niscaya engkau dikasihi oleh yang di langit.” (HR. Abu dawud, Tirmidzi dan lain-lain. As silsilatu shohihah : 925). []

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *