Perlu Tahu! Sederet Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Jakarta, Hajinews.id – Sejumlah pakar kesehatan menganjurkan seseorang untuk meminum air putih di pagi hari. Kebiasaan sederhana ini pun akan membantu menjaga metabolisme sampai sistem kekebalan tubuh. Namun tak hanya di pagi hari, minum air hangat di malam hari sebelum tidur pun dapat memberikan manfaat untuk tubuh.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Air hangat memiliki peran penting dalam menjaga fungsi tubuh dan meningkatkan kesehatan serta kecantikan. Salah satu manfaat minum air hangat sebelum tidur adalah membantu tidur lebih nyenyak. Mengutip dari berbagai sumber, beragam manfaat lain minum air hangat sebelum tidur yaitu:

1. Mengusir stres dan membuat tidur lebih nyenyak

Mengutip dari laman NDTV, ketika tubuh kekurangan cairan, mood pun akan memburuk dan tidur akan jauh dari nyenyak dan pulas. Karena itu, minum air hangat di malam hari bisa menjaga keseimbangan cairan tubuh dan menjaga mood tetap dalam kondisi baik.

2. Meredakan hidung tersumbat

Mengutip dari laman Healthline, memegang secangkir air panas dan menghirup uap dalam air panas dapat membantu melonggarkan sinus yang tersumbat dan meredakan sakit kepala. Minum air panas dapat membantu menghangatkan area selaput lendir di seluruh sinus dan meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh penumpukan lendir.

3. Mencegah kram perut

Air hangat bisa mengeluarkan racun yang tertumpuk di dalam tubuh karena mengonsumsi makanan dan minuman. Ketika racun bisa keluar, maka saluran pencernaan pun akan bekerja maksimal. Hal ini bisa menghindari gangguan perut begah atau kram perut di tengah malam.

4. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Minum air hangat sebelum tidur bisa melancarkan sirkulasi darah dan memicu keluarnya keringat. Keringat yang keluar ketika tidur memang bisa membuat tubuh kehilangan cairan. Namun seiring dengan hilangnya cairan tubuh tersebut, ada racun dan sisa sodium yang juga ikut keluar dari dalam tubuh. Hal ini bisa menyehatkan sel-sel pada kulit dan membuat kulit menjadi kencang dan lembab.

5. Melancarkan sirkulasi darah

Minum air hangat sebelum tidur dapat memperlancar sirkulasi darah dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit berbahaya. Bahkan, jika sirkulasi darah lancar, kondisi kesehatan jantung bisa terjaga, sehingga akan terhindar dari beragam penyakit kardiovaskular.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *