Ini 6 Khasiat Tak Terduga Daun Salam, Jaga Kesehatan Jantung

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



JAKARTA, Hajinews.id — DAUN salam merupakan salah satu daun yang sering digunakan untuk menambah aroma dalam berbagai masakan.

Daun salam selain digunakan untuk menambah rasa dalam berbagai masakan, juga sering digunakan sebagai salah satu rempah ajaib.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Hal ini karena daun salam telah lama digunakan sebagai salah satu rempah atau herbal yang bisa mengatasi berbagai penyakit.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Thehealthsite.

 

1. Meningkatkan fungsi insulin pada penderita diabetes

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Biochemistry and Nutrition menunjukkan daun salam menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Polifenol, komponen aktif yang ada dalam daun ini meningkatkan fungsi insulin dan dengan demikian, membantu mengendalikan kadar gula darah.

2. Turunkan risiko penyakit kardiovaskular

Asupan harian 1 hingga 2 g daun salam bisa menurunkan kolesterol dan dengan demikian, menurunkan risiko menderita penyakit kardiovaskular, terutama pada orang yang menderita diabetes tipe 2.

Ini tidak hanya menunjukkan peningkatan kolesterol HDL (high-density lipoprotein), tetapi juga melaporkan penurunan yang signifikan dalam kadar LDL (Low-density lipoprotein) dan trigliserida dalam tubuh.

3. Efektif terhadap penyembuhan luka

Penelitian telah membuktikan ekstrak daun salam membantu penyembuhan luka dengan mengurangi peradangan di daerah yang terkena.

Ini adalah salah satu pengobatan kuno yang paling umum digunakan untuk mengobati luka.

Konsumsi 200 mg ekstrak air daun salam menunjukkan penyembuhan luka dalam waktu 10 hari.

4. Mencegah masalah pencernaan

Tidak banyak orang yang tahu daun salam berperan sebagai agen diuretik yang ampuh.

Ketika Anda makan daun salam kering atau minum air daun salam, maka hal tersebut bisa meningkatkan keinginan Anda untuk buang air kecil dan dengan demikian, membantu menghilangkan kelebihan air.

Ini juga merangsang muntah dan dengan demikian, membantu menghilangkan racun dari tubuh dan mencegah masalah pencernaan.

5. Bantuan dalam pengobatan infeksi mikroba

Menderita infeksi mikroba? Coba daun salam. Daun ini diketahui memiliki sifat astringen yang menghambat infeksi dan juga mengurangi keringat berlebih yang biasa terjadi selama sakit.

Infeksi yang disebabkan oleh Staphylococcus aureus, Streptococcus pyrogens, Aspergillus fumigatus dan Candida albicans bisa diobati secara efektif dengan daun salam.

6. Menghambat pertumbuhan bakteri keracunan makanan

Ekstrak daun salam diuji terhadap pertumbuhan patogen umum Salmonella typhimurium, Staphylococcus aureus dan Vibrio parahaemolyticus, yang menyebabkan keracunan makanan.

Hasil penelitian menunjukkan ekstrak alkohol dari daun ini menghambat pertumbuhan bakteri dan dengan demikian, membantu dalam pencegahan dan pengobatan keracunan makanan.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *