Hikmah Pagi : Amalan untuk Menghapus Dosa dan Keburukan Masa Lalu

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Hajinews.id – Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan dan berbuat dosa, bahkan ada yang sampai terlarut dalam dosa.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Namun, umat Islam memiliki Tuhan yang Maha Pengampun, yakni Allah dengan ampunan-Nya yang sangat luas.Jika ada yang ingin diampuni setiap dosa yang dilakukan, maka bisa melakukan amalan tertentu.

Lantas, amalan apa yang bisa dilakukan agar dosa-dosa bisa diampuni?

Dilansir dari sebuah video di kanal YouTube Adi Hidayat Official pada 23 Oktober 2020, berikut merupakan penjelasan Ustadz Adi Hidayat mengenai hal tersebut.

Ustadz Adi Hidayat pada awalnya membacakan Q.S Ali Imran ayat 31:

قُلْ اِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّوْنَ اللّٰهَ فَاتَّبِعُوْنِيْ يُحْبِبْكُمُ اللّٰهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ ۗ وَاللّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ – ٣١

“Katakanlah (Muhammad), ‘Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu.’ Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.”

Jadi, jika ingin dicintai oleh Nabi Muhammad, bahkan oleh Allah, maka ikuti Sunnah Nabi.

Ikuti keseluruhan Sunnah Nabi, bukan hanya yang ritual saja. Jangan sampai sholatnya seperti Nabi, tapi lisan atau ucapannya tidak seperti Nabi.

Lantas, apa keuntungan jika mengikuti seluruh Sunnah Nabi Muhammad?

Jawabannya ada pada akhir ayat di atas, yakni Allah akan mengampuni seluruh dosa yang pernah dilakukan.

Apalagi jika Allah menginginkan seseorang berubah, biasanya ada tandanya. Contohnya saat tiba-tiba merasa atau mempertanyakan bisa berubah atau tidak.

Jika sudah muncul perasaan seperti ini, segera taubat dan jangan ditunda karena tanda seperti ini tidak selalu datang. Selain itu, bisa jadi seseorang akan berubah secara drastis menjadi lebih baik.

Jika seperti ini, bukan hanya dosanya yang akan diampuni, tetapi keburukan yang pernah dilakukan juga akan dilupakan.

Contoh Umar bin Khattab yang sampai saat ini dikenal sebagai sahabat yang begitu mencintai Nabi Muhammad dan menjalankan Sunnah Nabi.

Jarang sekali ada yang membahas bagaimana Umar dahulu yang begitu membenci Nabi.

Bahkan, Umar bin Khattab dijamin bisa masuk surga tanpa hisab karena semua dosanya sudah diampuni dan karena beliau dicintai Allah dan Nabi Muhammad.

Jadi, jika ingin dosa-dosanya diampuni Allah dan keburukan dilupakan, maka segeralah bertaubat dan lakukan Sunnah Nabi.*

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *