Hati-Hati! Komorbid Kencing Manis Bisa Jadi Penyebab Utama Meninggalnya Pasien Covid-19

Komorbid Kencing Manis
Komorbid Kencing Manis
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, mayoritas pasien Covid-19 yang meninggal dunia adalah seseorang yang mengidap penyakit penyerta (komorbid) diabetes melitus atau biasa disebut kencing manis.

Temuan ini disampaikan Satgas Penanganan Covid-19 setelah melihat data yang dihimpun dari sistem rumah sakit online pada Minggu, 13 Februari 2022. Akan tetapi sayangnya, Wiku belum menjelaskan lebih detil data pasien Covid-19 yang meninggal.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Mayoritas kasus positif yang meninggal dunia dikontribusikan oleh komorbid diabetes melitus dan 15 persen di antaranya bahkan memiliki riwayat komorbid lebih dari satu jenis penyakit,” kata Wiku dalam konferensi pers secara virtual, Selasa, 15 Februari 2022.

Di sisi lain, Wiku menjelaskan sebagian besar pasien positif Covid-19 yang mengalami gejala berat hingga kritis memiliki penyakit penyerta lainnya selain diabetes melitus.

“Dan 19 persen dari mayoritas tersebut bahkan memiliki riwayat komorbid lebih dari satu jenis penyakit,” tuturnya.

Atas dasar itulah, Wiku meminta masyarakat mengambil peran aktif untuk segera melaporkan kasus positif Covid-19 yang terjadi pada kelompok rentan agar mendapatkan pertolongan dini.

“Dimohon untuk segera menghubungi tenaga kesehatan, walaupun gejala yang dirasakan tergolong ringan demi perawatan yang lebih efektif dan cepat,” pungkas Wiku.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *