Inilah Khasiat Tanaman Patikan Kerbau Yang Dapat Mengatasi Penyakit Kronis

Khasiat Tanaman Patikan Kerbau
Khasiat Tanaman Patikan Kerbau
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idPatikan kerbau (Euphorbia hirta) adalah jenis tumbuhan dari keluraga Euphorbiaceae, dan termasuk tumbuhan liar yang banyak khasiat dan manfaatnya.

Dikutip dari nationalgeographic terdapat riset yang digarap para peneliti kimia dari Universitas Tadulako di Palu, daun patikan kebo diketahui mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Sebab, tanaman ini memiliki sifat antioksidan yang kuat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Ekstrak patikan kebo (Euphorbia hirta L.) memiliki aktivitas antioksidan yang sangat kuat dilihat dari persentase aktivitas antioksidan ekstrak daun patikan kebo secara optimum sebesar 99,21%, dan kekuatan aktivitas antioksidan yang terkandung dalam ekstrak patikan kebo tergolong antioksidan sangat kuat hal ini karena diperoleh nilai IC50 adalah 11,50 ppm,” tulis mereka.

Sejumlah hasil riset mengungkapkan bahwa daun patikan kebo ini bisa memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan. Bahkan, warga lokal di beberapa daerah di Indonesia, dengan kearifan lokal mereka, telah memanfaatkan daun patikan kebo ini untuk mengobati sejumlah penyakit.

Hasil riset para peneliti dari Akademi Farmasi Saraswati Denpasar yang telah diterbitkan di Jurnal Ilmiah Medicamento, misalnya, menyebut bahwa patikan kebo merupakan tanaman obat atau herba. “Herba patikan kebo (Euphorbia hirta L.) adalah salah satu tanaman obat yang tergolong dalam famili Euphorbiaceae,” tulis mereka.

“Penggunaan E. hirta sebagai obat tradisional telah dilaporkan di beberapa daerah termasuk di Bali. Secara tradisional tanaman ini diketahui dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, seperti radang tenggorokan, disentri, diare, asma dan bronchitis sehingga berpotensi sebagai alternatif bahan baku obat tradisional,” papar mereka.

Dari hasil riset ini diketahui bahwa herba patikan kebo yang digunakan dalam penelitian mengandung beberapa senyawa metabolit sekunder diantaranya flavonoid, tanin, steroid, dan antrakuinon. Riset kandungan daun patikan kebo dilakukan melalui skrining fitokimia dan analisis Kromatografi Lapis Tipis (KLT)

Riset lainnya yang dibuat peneliti biologi dari IKIP Mataram dan rekan-rekannya menemukan bahwa daun patikan kebo yang sering digunakan sebagai obat tradisional terbukti sebagai antiseptik alami untuk menyembuhkan luka.

“Berdasarkan hasil uji kualitatif iodine, tumbuhan patikan kebo (Euphorbia hirta) mengandung iodine atau kandungan zat antiseptik, zat alkaloid, dan zat tanin,”

Dikutip dari national geographic bahwa Hasil riset para peneliti dari Akademi Farmasi Saraswati Denpasar yang telah diterbitkan di Jurnal Ilmiah Medicamento, misalnya, menyebut bahwa patikan kebo merupakan tanaman obat atau herba. “Herba patikan kebo (Euphorbia hirta L.) adalah salah satu tanaman obat yang tergolong dalam famili Euphorbiaceae,” tulis mereka.

“Penggunaan E. hirta sebagai obat tradisional telah dilaporkan di beberapa daerah termasuk di Bali. Secara tradisional tanaman ini diketahui dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, seperti radang tenggorokan, disentri, diare, asma dan bronchitis sehingga berpotensi sebagai alternatif bahan baku obat tradisional,” papar mereka

Berikut ini beberapa Khasiat dan cara konsumsi daun patikan kerbau dalam bidang kesehatan:

  1. Radang tenggorokanCara Konsumsi: Ambil daun patikan kerbau secukupnya, kemudian seduh dengan air panas secukupnya, saring ambil airnya, gunakan air seduhan daun patikan kerbau tersebut untuk berkumur-kumur.
  2. BronkhitisCara Konsumsi: Ambil bahan ramuan berikut, 1 genggam daun patikan kerbau dan ½ botol coca cola, kedua bahan tersebut rebus sampai mendidih, setelah mendidih angkat saring ambil airnya. Minum air ramuan tersebut 3 kali sehari masing-masing ½ cangkir sekali minum.
  3. AsmaCara Konsumsi: Ambil daun patikan kerbau kering 1 genggam, cuci sampai bersih selanjutnya kita rebus dengan 2-3 gelas air sampai mendidih. Cara mengunakannya minum air ramuran tersebut 2 kali sehari ½ gelas, pagi dan sore.
  4. Radang perut, diare, disentri dan kencing darahCara Konsumsi: Siapkan dua bahan ramuan berikut, daun patikan kerbau segenggam dan satu potong gula batu, cara mengolahnya rebus kedua bahan ramuan tersebut dengan volume air 3 gelas sampai mendidih, cara mengunakannya, saring ambil airnya kemudian minum air ramuan tersebut dua kali sehari dengan dosis sekali minum 1 cangkir.
  5. Radang kelenjar susu dan payudara bengkakAmbil daun daun patikan kerbau 1 genggam dan dua sendok kedelai, cuci sampai bersih, kemudian rebus kedua bahan ramuan tersebut secara bersamaan dengan volume air 3-5 gelas air sampai mendidih, saring ambil airnya, minum air ramuan berikut dua kali sehari dengan dosis satu gelas. Untuk cara lain : Ambil daun patikan kerbau yang masih segar dan garam dapur secukupnya, kedua bahan tersebut tumbuk sampai halus, tempelkan pada bagian payudara yang sakit.
  6. Ambil daun patikan kerbau secukupnya, rebus dengan air secukupnya (sesuai kebutuhan) sampai mendidih, gunakan air ramuan tersebut untuk mencuci bagian tubuh yang sakit.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *