Inilah Sikap Orang yang Masuk Surga menurut Rasulullah SAW

Sikap Orang yang Masuk Surga
Sikap Orang yang Masuk Surga
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idSurga menjadi tempat yang paling diidamkan oleh umat manusia. Tempat itu pula menjadi balasan bagi orang-orang yang beriman.

Allah SWT menciptakan surga dengan tangan-Nya sendiri, khususnya surga Firdaus yang letaknya berdekatan dengan singgasana Allah SWT.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dari Anas ibn Malik, Rasulullah SAW bersabda,

“Allah SWT membangun surga Firdaus dengan tangan-Nya. Allah SWT membebaskannya dari semua orang musyrik dan semua peminum arak yang mabuk. (HR Baihaqi)

Dikisahkan dalam suatu hadis, Nabi Muhammad SAW mengajukan beberapa pertanyaan kepada orang-orang. Semua pertanyaan tersebut dijawab oleh sahabatnya, Abu Bakar Ash-Shiddiq.

حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عُمَرَ حَدَّثَنَا مَرْوَانُ يَعْنِي الْفَزَارِيَّ عَنْ يَزِيدَ وَهُوَ ابْنُ كَيْسَانَ عَنْ أَبِي حَازِمٍ الْأَشْجَعِيِّ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ أَصْبَحَ مِنْكُمْ الْيَوْمَ صَائِمًا قَالَ أَبُو بَكْرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَا قَالَ فَمَنْ تَبِعَ مِنْكُمْ الْيَوْمَ جَنَازَةً قَالَ أَبُو بَكْرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَا قَالَ فَمَنْ أَطْعَمَ مِنْكُمْ الْيَوْمَ مِسْكِينًا قَالَ أَبُو بَكْرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَا قَالَ فَمَنْ عَادَ مِنْكُمْ الْيَوْمَ مَرِيضًا قَالَ أَبُو بَكْرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَا فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا اجْتَمَعْنَ فِي امْرِئٍ إِلَّا دَخَلَ الْجَنَّةَ

Abu Hurairah menceritakan, suatu ketika Rasulullah SAW pernah bertanya, “Siapakah di antara kalian yang pagi ini sedang berpuasa?” Abu Bakar menjawab, “Aku.”

Nabi Muhammad SAW bertanya lagi, “Siapa di antara kalian yang hari ini telah mengantarkan jenazah?” Abu Bakar menjawab, “Aku.”

Rasulullah SAW bertanya lagi, “Siapa di antara kalian yang hari ini telah memberi makan orang miskin?” Abu Bakar menjawab, “Aku.”

Rasulullah SAW bertanya lagi, “Siapa di antara kalian yang hari ini telah menjenguk orang sakit?” Abu Bakar menjawab, “Aku.”

Selanjutnya Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah semua itu ada pada seseorang kecuali dia pasti akan masuk surga.” (HR Muslim)

Mendengar jawaban dari Abu Bakar Ash-Shiddiq tersebut, Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa orang yang bersikap seperti Abu Bakar inilah yang nantinya masuk surga.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *